Jelang Muktamar, PKB Kumpulkan Seribu Kiai di Bali

13 Aug 2019 08:12 Politik

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan mengumpulkan 1.000 kiai sepuh dari beragam pelosok negeri dalam forum Munas Alim Ulama se-Indonesia. Forum ini merupakan rangkaian acara sebelum Muktamar V PKB yang akan digelar di Nusa Dua, Bali pada 20-21 Agustus 2019 mendatang.

"Munas Alim Ulama se-Indonesia ini merupakan rangkaian sebelum Muktamar. Agenda Munas Alim Ulama untuk membahas masalah kebangsaan baik politik, demokrasi, budaya serta agama," kata Ketua Panitia Muktamar V PKB Lukmanul Hakim, Senin 12 Agustus 2019.

Dalam Munas ini, para kiai akan berdiskusi untuk mengeluarkan rekomendasi terkait kepemimpinan nasional yang selaras dengan kultur masyarakat Indonesia.

Rekomendasi dari para kiai ini, selanjutnya akan diberikan pada pemerintah sehingga mampu memperkuat basis islam yang moderat dan toleran di negeri ini.

Dengan adanya rekomendasi dari para ulama dan kiai ini, diharapkan juga akan mewujudkan masyarakat yang damai tanpa adanya aksi terorisme, radikalisme serta intoleransi yang belakangan menjadi isu yang sangat kritis dihadapi bangsa ini.

Menurut Lukman, Munas Alim Ulama ini juga akan digelar dengan rangkaian tasyakuran para kiai atas terpilihnya pasangan Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin dalam Pemilu 2019 yang lalu.

KH Ma'ruf sebelumnya adalah Rais Aam atau pemimpin tertinggi di PBNU sehingga terpilihnya KH Ma'ruf sangat disyukuri dan diharapkan mampu membawa keberkahan di negeri ini.

"Dengan terpilihnya KH Ma'ruf tentu kita harus selalu mensuport. Ini adalah tantangan untuk mengawal dan mensukseskan pemerintahan di lima tahun mendatang," kata Lukman.

Penulis : Rohman Taufik


Bagikan artikel ini