Jelang Lebaran, Sejumlah Alat Berat Diterjunkan di Daerah Rawan Longsor

31 May 2017 13:24 Ramadan Kita

Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) VIII menyiapkan sejumlah alat berat di 26 posko lebaran yang tersebar di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. Posko ini akan berjaga untuk memastikan seluruh kondisi jalan aman dan tidak ada kerusakan.

"Jika ada kerausakan, tim dari posko-posko ini segera bergerak melakukan penambalan," kata I Ketut Darmawahana, Kepala BBPJN VIII, Rabu 31 Mei 2017.

Menurut Ketut, setiap posko akan dilengkapi alat berat seperti dump truck, crane truck, wheel loader, pick up, baby roller, dan stamper. Semua alat ini bisa langsung digerakkan /jika ditemukan ada kerusakan jalan saat angkutan lebaran.

"Selain posko utama, kami juga menyediakan alat berat di 14 titik lokasi rawan banjir dan 9 titik lokasi rawan longsor," kata Ketut. Posko-posko ini juga dilengkapi dengan bahan penambal lubang jalan bernama TCM (tambal cepat mantab).

Sementara itu BBPJN VIII juga memastikan, proses perbaikan jalan yang saat ini berjalan akan dihentikan sejak H-14 lebaran. Artinya sejak H-14 inilah, proses penambalan jalan jika ada lubang baru merupakan tanggung jawab dari posko-posko yang telah mereka dirikan. (wah)

Penulis : Wahidin


Bagikan artikel ini