1.900 Aparat Kepolisian Plus 500 TNI Amankan Laga Persebaya-Arema

15 Aug 2019 13:18 Liga Indonesia

Arema FC akan menjamu Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Kamis sore nanti. Polda Jawa Timur ikut turun tangan memberikan pengamanan di laga big match derby Jatim pada pekan ke-14 Liga 1.

Kepala Bidang Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan, pihaknya menerjunkan sebanyak 1900 personel untuk mengamankan pertandingan Persebaya menghadapi Arema. Jumlah personel yang diturunkan sebanyak itu karena dua tim ini memiliki rivalitas tinggi.

"Personel kita siapkan, jadi gabungan dari Malang, Sidoarjo, dan Surabaya. Juga ada tambahan dari TNI sebanyak 500 personel untuk membantu amankan pertandingan tersebut," kata Barung, Kamis 15 Agustus 2019 pagi.

Selain pengamanan di area stadion, Barung pun menyampaikan bahwa pihaknya juga melakukan sweeping suporter dari tim tamu. Hal ini dilakukan agar tak terjadi keributan di dalam stadion.

"Dulu sudah ada kesepakatan kalau bertanding di Malang suporter Surabaya tidak boleh ke sana, begitu sebaliknya," tegasnya.

Hanya saja sweeping suporter ini kerap sekali kecolongan dan masih ada suporter tim tamu yang bisa tembus masuk ke stadion.

"Kalau mereka datangnya secara komunal itu bisa kami antisipasi, tapi kalau satu persatu itu yang susah. Mereka datang tanpa mengenakan atribut," tambah Barung.

Sementara itu, Barung menyampaikan akan memberikan pengawalan ketat kepada skuad Persebaya. Karena itu juga bagian dari tanggung jawab Kepolisian untuk menciptakan suasana nyaman dan aman.

"Pengamanan melekat antara 40 sampai 50 personel yang di bus pemain Persebaya dan official team, itu nanti pengamanan di depan belakang dan samping bus," terangnya.

Barung mengakui, tim Persebaya tak diberi fasilitas kendaraan taktis Baracuda saat menuju ke Malang, Rabu malam kemarin. Alasannya situasi belum terlalu mencekam, dan bus pemain juga diberi penjagaan ketat oleh pihak kepolisian.

"Naik bus biasa kita kawal, kalau rantis tidak mungkin. Kalau situasinya mencekam baru. Dari penginapan ke Stadion biasanya pemain naik Baracuda," jelas dia.

Seperti diketahui, jelang pertandingan Persebaya melawan Arema FC, pihak kepolisian memastikan laga tersebut akan berjalan kondusif. Apalagi momen pertandingan menjelang HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74.

Penulis : Haris Dwi
Editor : Moch. Amir


Bagikan artikel ini