Jelang Hari ‘H’ Lebaran, Jasa Penitipan Hewan Banjir Pelanggan

11 Jun 2018 18:30 Feature
Ngopibareng.id |

Jelang lebaran, banyak orang mudik ke kampung halaman. Saat mudik, tentu saja ada banyak barang yang harus ditinggalkan di rumah, salah satunya yakni hewan peliharaan.

Melihat hal itu, para penyedia jasa penitipan hewan pun kebanjiran pelanggang yang ingin menitipkan hewan peliharaannya. Maklum saja, karena para pelanggan tersebut tak ingin hewan peliharaannya terlantar saat ditinggal mudik.

Salah satu penyedia jasa tersebut yakni, SNOOPY Pet Shop yang berlokasi di Jalan Nginden Intan Utara Surabaya. Pada H-3 lebaran, setidaknya sudah ada tiga hewan yang dititipkan di tempat tersebut.

Ferry Panji Pratama, salah satu pegawai di SNOOPY Pet Shop mengaku menjelang lebaran seperti sekarang, Pet Shop di tempatnya mulai ramai dikunjungi warga yang ingin menitipkan hewan peliharaannya.

"Kalau menjelang lebaran gini mulai ramai, tapi di sini kami nggak menerima terlalu banyak. Soalnya di sini pegawainya juga sedikit. Jadi nanti kalau overload kita kirim ke pusat. Untuk saat ini sudah ada tiga hewan yang dititipkan," ujarnya.

Fasilitas yang diberikan pun berbagai macam mulai dari makanan, memandikan hewan, hingga membersihkan kandang setiap harinya. Untuk pemberian makanan, Ferry mengaku disesuaikan dengan keinginan sang pemilik. Hal itu dilakukan agar hewan tidak beradaptasi lagi dengan makanannya.

"Untuk makanan, kita menyesuaikan dengan apa yang diberikan pemilik setiap harinya. Kalau kita kasih yang baru kan kasihan hewannya, nanti menyesuaikan lagi," ujarnya.

Di tempat penitipan hewan ini, harga yang ditawarkan pada saat jelang lebaran dan hari biasa masih sama yakni Rp 70 ribu per harinya. Dengan begitu, SNOOPY Pet Shop dapat meraih omzet hingga Rp 2 juta per minggunya.

Salah satu hewan peliharaan yang ditipkan di tempat penitipan sebelum ditinggal mudik.

Hal yang sama terjadi di Pradika Rabbit Pet Shop Vet and Care yang berlokasi di Karang Agung, Surabaya. Nimas Ayu Pertiwi, pemilik Pradika Rabbit Pet Shop Vet and Care, mengatakan jelang lebaran seperti ini memang ada peningkatan pelanggan yang menitipkan hewan di tempatnya.

"Bahkan jauh hari pelanggan sudah memesan karena takut tidak kebagian kandang, belum lagi nanti yang on the spot," ucapnya.

Salah satu pemilik hewan peliharaan, Anggia mengatakan sengaja datang dari rumahnya di Jemursari untuk menitipkan empat ekor kucing miliknya. "Soalnya mau ditinggal ke Magetan. Jadi daripada ribet membawa mereka semua malah nggak keurus, lebih baik dititipkan di penitipan hewan," ucapnya.

Menurutnya, menitipkan hewan peliharaan di penitipan langganannya ini, bisa membuatnya tenang karena sudah terpercaya. Ia pun tak khawatir jika kucing-kucingnya akan kekurangan makanan. "Sudah setiap tahun menitipkan di sini. Semua kucing saya ini kucing lokal," tambahnya.

Lebih nyaman lagi pelanggan tidak perlu membawa kandang sendiri, karena di tempat ini semua fasilitas sudah tersedia. Mulai dari kandang, makanan, hingga pengecekan kesehatan. Sedangkan untuk makanannya, Pradika Rabbit Pet Shop Vet and Care tidak menerima pesanan makanan dari pemilik hewan. Melainkan disediakan langsung dari mereka dengan kualitas makanan super premium.

"Sebab kami juga belajar dari pengalaman melihat keluhan orang yang menitipkan hewan di tempat lain, katanya tidak diberikan makanan sesuai yang dibawakan pemiliknya. Makanan kami sediakan langsung dari sini dengan kualitas super premium," jelas Nimas.

Tak hanya itu, beberapa fasilitas tambahan juga disediakan untuk para hewan yang dititipkan di sini. Mulai vaksinasi hingga salon untuk hewan. (amm)

Ada beberapa penitipan hewan yang sengaja tidak mau memberikan makanan hewan titipannya dari pemilik, karena takut tidak higienis.
Editor : Amanah Nur Asiah


Bagikan artikel ini