ilustrasi

Jelang Akhir Ramadhan, Ini Doa Khusus Ajaran Rasulullah

Islam Sehari-hari 23 May 2020 04:15 WIB

Menjelang berakhir bulan suci Ramadhan, menjadi kesedihan bagi setiap Muslim. Karena, kita akan berpisah dengan bulan sangat mulia. Ramadhan adalah bulan pengampunan lagi kaya akan kebaikan.

Setiap Muslim berharap agar Allah SWT memberikan kesepatan bagi mereka untuk bisa merasakan Ramadhan tahun depan. Harapan ini yang selalu diutarakan ketika ingin berpisah dengan Ramadhan.

Rasulullah Muhammad Shallallahu 'alaihi wassalam (S.a.w.) menyampaikan doa khusus saat akan berpisah dengan Ramadhan. Doa ini pun bisa menjadi amalan baik yang akan memberikan kebaikan bagi Muslim yang membacanya.

Berikut doanya:

للَّهُمَّ لاَ تَجْعَلْهُ آخِرَ الْعَهْدِ مِنْ صِيَامِنَا إِيَّاهُ، فَإِنْ جَعَلْتَهُ فَاجْعَلْنِيْ مَرْحُوْمًا وَ لاَ تَجْعَلْنِيْ مَحْرُوْمًا

Artinya: "Ya Allah, janganlah Kau jadikan bulan Ramadhan ini sebagai bulan Ramadhan terakhir dalam hidupku. Jika Engkau menjadikannya sebagai Ramadhan terakhirku, maka jadikanlah aku sebagai orang yang Engkau sayangi,"

Jabir bin Abdillah ra dari Muhammad al-Musthofa SAW: “Siapa yang membaca doa ini di malam terakhir Ramadhan, ia akan mendapatkan salah satu dari dua kebaikan: menjumpai Ramadhan mendatang atau pengampunan dan rahmat Allah”.

Inilah doanya:

أَللَّهُمَّ لاَ تَجْعَلْهُ آخِرَ الْعَهْدِ مِنْ صِيَامِنَا إِيَّاهُ، فَإِنْ جَعَلْتَهُ فَاجْعَلْنِيْ مَرْحُوْمًا وَ لاَ تَجْعَلْنِيْ مَحْرُوْمًا

Yaa Allah..., janganlah Kau jadikan bulan Ramadhan ini sebagai bulan Ramadhan terakhir dalam hidupku,
namun andai Engkau menjadikannya sebagai Ramadhan ini sebagai Ramadhan terakhir bagiku, maka jadikanlah aku sebagai orang yang Engkau sayangi,

Yaa Rahman ....., terimalah seluruh amal ibadahku di Bulan Suci Ramadhan ini,

Ya Wasi’al Magfirah ....., ampunilah seluruh dosa-dosaku, dosa ibu bapakku dan dosa orang-orang yang aku cintai dan sayangi karena Allah.

Ya Mujiib ....., kabulkanlah seluruh doa-doaku.

Taqabalallahu Minna wa Minkum
Shiyamana wa Shiyamakum wa Allahulla Alaik

“Ya Allah, janganlah Engkau jadikan puasa ini sebagai puasa yang terakhir dalam hidupku. Seandainya Engkau berketetapan sebaliknya, maka jadikanlah puasaku ini sebagai puasa yang dirahmati bukan puasa yang sia-sia,".

Adapun doa-doa yang lain yang bisa dibaca menjelang akhir bulan Ramadhan yaitu:

“Seandainya masih ada padaku dosa yang belum Engkau ampuni atau dosa yang menyebabkan aku disiksa karenanya, sehingga terbitnya fajar malam ini atau sehingga berlalunya bulan ini, maka ampunilah semuanya wahai Dzat Yang Paling Pengasih dari semua yang mengasihi.”

“Ya Allah, terimalah puasaku dengan sebaik-baiknya penerimaan, perkenan, kemaafan, kemurahan, pengampunan dan keridhaan-Mu. Sehingga Engkau memenangkan aku dengan segala kebaikan, segala anugerah yang Engkau curahkan di bulan ini,”

Demikian wallahu a'lam.

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 May 2020 19:58 WIB

New Normal harus Mampu Dongkrak Sektor Pariwisita

Nasional

Sambut New Normal, tugas baru untuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

28 May 2020 19:43 WIB

Kluster Keluarga Tambah Pasien Covid-19 di Kota Malang

Jawa Timur

Tertular dari salah satu anggota keluarga yang positif Covid-19.

28 May 2020 19:33 WIB

Nadin Amizah Rilis Album Perdana Persis pada Hari Ultahnya

Hiburan

Penyanyi Nadin Amizah rilis album perdana, 'Selamat Hari Ulang Tahun.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.