Presiden Jokowi tiba di Bandara Internasional Yogyakarta disambut Gubernur Sri Sultan Hamengkubuwono X. (Foto: BPMI Setpres)

Jelang 1 Muharram, Presiden Jokowi Wayangan di Purworejo

Nasional 29 August 2019 23:15 WIB

Dalang perempuan Nyi Dwi Puspita Ningrum Mpd dari Sanggar Puspita Laras Desa Kemranggen, Kecamatan Bruno, Kabupatan Purworejo, Jawa Tengah mendapat kehormatan tampil di hadapan Presiden Joko Widodo.

Pementasan wayang kulit semalam suntuk itu akan digelar di alun-alun Besar Kabupaten Purworejo, Kamis, 29 Agustus 2019 dengan lakon Gathutkaca Winisuda.

Dwi Puspita mengatakan, telah dihubungi oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Purworejo untuk mengisi acara wayangan menjelang 1 Muharam 1441 bersama Presiden Jokowi. Guru bahasa Jawa SMA Negeri 7 Purworejo itu mengaku kaget dengan undangan spesial tersebut. 

Menurut Dwi, lakon gathutkaca winisuda ini menggambarkan Raden Gathutkaca, putra dari Raden Werkudara dan Dewi Arimbi akan dinobatkan menjadi raja di Pringgadani.

Semula, semua saudara Pringgadani Kadang Braja setuju dengan penobatan putra sulung Dewi Arimbi. Tetapi, hasut dan provokasi menjadikan konflik di Kadang Braja. Brajadhenta membelot, berbalik memusuhi Dewi Arimbi, dan hendak meminta Tahta Negara Pringgandani. Terjadilah pertempuran dahsyat.

Gathutkaca dibantu pamandanya Raden Brajamusti, berhasil mengalahkan Raden Brajadhenta, Tetapi kedua pamannya tersebut gugur "sirna sampyuh" dan menyatu ke badan raden Gathutkaca, menjadi kekuatan Aji Brajadhenta Brajamusti.

"Semoga penampilan saya di hadapan Presiden mampu mengangkat kembali seni tradisional wayang kulit untuk pengembangan karakter," kata Dwi. Selain itu, Dwi juga berharap kesejahteraan guru-guru seni budaya, bahasa jawa juga semakin ditingkatkan. 

Sementara, Gubernur Provinsi Jawa Tengan Ganjar Pranowo mengatakan, pagelaran wayang kulit ini berkaitan dengan perayaan 1 Muharam 1441 H.

Wayang kulit merupakan salah satu kebudayaan berakar di Jawa yang sarat dengan pesan moral. "Selain wayangan, kunjungan kerja Pak Jokowi juga akan melakukan berbagai kegiatan," kata Ganjar.

Presiden dan rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, Kamis, 29 Agustus 2019 siang.

Tiba di Bandar Udara Internasional Yogyakarta, Presiden Jokowi disambut oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi, dan Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dofiri.

Presiden Jokowi kemudian langsung meninjau fasilitas Bandar Udara Internasional Yogyakarta. Usai meninjau bandara, Presiden akan membagikan sertifikat hak atas tanah untuk rakyat di GOR W.R. Supratman, Kabupaten Purworejo.

Pada malam harinya, Presiden Jokowi diagendakan menuju Alun-Alun Kabupaten Purworejo untuk menyaksikan pagelaran wayang kulit dengan lakon "Gathotkaca Winisudha".

Turut mendampingi Presiden, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Staf Khusus Sukardi Rinakit, Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, dan Plh. Sekretaris Militer Presiden Brigjen TNI Basuki Nugroho. (asm)

Penulis : Asmanu Sudharso

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Jul 2020 15:50 WIB

Selama Pandemi, Pelayanan Pasien Kanker AHCC Tetap Berjalan

RS Adi Husada

Pelayanan Pasien Kanker AHCC, Selama Masa Pandemi Tetap Berjalan

09 Jul 2020 15:46 WIB

Angka Kasus Covid-19 Naik, Pakar: Tunggu Seminggu Lagi

Jawa Timur

Angka kasus bisa dilihat 7-8 hari kemudian.

09 Jul 2020 15:35 WIB

Permintaan Jokowi Turunkan Kurva Tak Terpenuhi, Ini Kata Khofifah

Jawa Timur

Khofifah menjelasan mengapa kurva covid-19 di Jawa Timur tak turun.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...