Ilustrasi oleh Vidi/ngopibareng.id
Ilustrasi oleh Vidi/ngopibareng.id

Jejak Peradaban, Rubrik Baru dalam Wajah Baru di Tahun Baru

Ngopibareng.id Dapur Redaksi 01 January 2020 00:01 WIB

Awal tahun 2020 Masehi menjadi tonggak baru ngopibareng.id. Inilah tahun baru, wajah baru, dan sejumlah rubrik baru. Semuanya itu tak lain untuk memperkaya khazanah pembaca.

Apa rubrik baru yang ikut mewarnai tahun baru? Jejak Peradaban. Inilah rubrik yang digarap bareng dengan Forum Begandring Soerabaia (Soerabaiasche Vergadering Forum).

"Forum ini merupakan wadah berdiskusi komunitas-komunitas pegiat sejarah," kata koordinatornya Nanang Purwono. Gerakannya tidak hanya di Surabaya, tapi juga Jawa Timur dan sekitarnya.

Menurutnya, sudah sejak lama dunia makin bertambah maju dan modern. Di Surabaya, pembangunan fisik perkotaan sudah merata. Kota baru muncul di barat dan timur. Demikian juga Surabaya selatan yang berhimpitan dengan Sidoarjo.

"Bukan tidak mungkin perkembangan Surabaya ini akan menenggelamkan bukti peradaban masa lalu yang bisa menjadi ruh dan jati diri kota. Padahal peradaban masa lalu bisa menjadi pijakan kota dalam menyongsong masa depannya yang berkatakter," tutur Nanang.

Karenanya, Bung Karno pernah mengingatkan kita dengan jargon: Jas Merah (Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah). Sejarah bukan hanya kelangenan dan nostalgia. Tapi pijakan agar kita memiliki karakter dan jati diri dalam membangun masa depan.

Ngopibareng.id yang punya tagline Bukan Hanya Portal Biasa ingin menjadi bagian dalam membangun karakter bangsa. Kami tak akan hanya menyajikan informasi kekinian, tapi juga berbagai hal baik dari masa lalu kita. Nguri-nguri yang lama yang baik, menciptakan hal-hal baru yang lebih baik.

Jejak Peradaban hanya salah satu yang baru dari ngopibareng.id. Sebagai portal berita yang terbit dari daerah tak ingin ketinggalan dengan geliat pilkada serentak yang akan berlangsung tahun ini. Karena itu, kami juga menyiapkan kanal khusus untuk mewadahi geliat pesta demokrasi dalam memilih kepala daerah.

Ngopibareng.id sejak awal memang kami dedikasikan untuk menjadi portal berita yang membawa kepentingan daerah. Kita ingin mengimbangi arus informasi yang kembali cenderung sentralistik. Sangat jarang --bahkan belum ada-- media dalam platform baru yang melakukan hal ini.

Padahal, sejak periode awal pemerintahan Joko Widodo, ada arus besar untuk membangun Indonesia dari pinggiran. Ini artinya, kemajuan bangsa diharapkan berasal dari daerah. Nah, kemajuan daerah selalu didorong oleh adanya media yang baik.

Ngopibareng.id ingin ambil bagian dari geliat kemajuan daerah. Biarlah ibukota menjadi perhatian portal berita dari Jakarta. Kami ingin bersama orang-orang pinggiran. Kami ingin menggeliat bersama dengan orang-orang daerah. Dan dari situ, kami ingin ikut mewarnai masa depan Indonesia dari daerah.

Kami bersyukur sejak berdiri dua tahun lalu telah berhasil membangun kepercayaan publik. Kepercayaan pembaca dan para mitra kerja. Apalagi sejak awal kami tak main-main dengan standar jurnalistik. Ini dibuktikan dengan sertifikasi yang dikeluarkan Dewan Pers terhadap ngopibareng.id.

Lantas bagaimana dengan wajah baru? Mulai jam 00.00 WIB, 1 Januari 2020, ngopibareng.id tampil dengan wajah baru. Fiturnya lebih kaya, lebih modern, dan memudahkan pembaca untuk mengikuti trending berita.

Tentu, sesuatu yang baru selalu membutuhkan penyesuaian. Perlu waktu membiasakan diri. Tapi percayalah setiap sesuatu yang baru dari kami bertujuan untuk memudahkan pembaca semua. Bukan menyulitkan.

Bagi yang suka berita, bisa mengikuti per topik. Selain berita-berita terbaru. Bagi yang menyukai grafis, bisa langsung melihat infografis. Demikian juga yang suka video dan kelak penggemar audio saja.

Menurut Manajer IT Faris Mujadid, untuk navigasi, pembaca lebih mudah dan cepat explore konten dengan adanya Bottom Navigation. Ada 5 menu yang ditawarkan di Bottom Navigation. Yakni terbaru, trending topik, home, search, dan login.

"Kini pembaca juga dapat melihat update berita dari waktu ke waktu dalam topik yang sama. Selain itu, juga tersedia menu hamburger di pojok kanan atas untuk melihat daftar kanal. Tampilan baru hanya untuk pembaca via mobile," katanya.

Yang pasti, kami ingin tahun baru ini dengan wajah baru, beberapa rubrik baru dan tentu semangat Baru.

Selamat Tahun Baru 2020. Semoga tahun ini menjadi tonggak kemajuan bersama kita.

Eh...jangan lupa unduh aplikasi ngopibareng.id di Google Play Store atau App Store. (Arif Afandi)

Penulis : Arif Afandi

Editor : Faris Mujaddid

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

23 Nov 2020 19:20 WIB

Rencana Machfud Arifin Kembangkan Pesantren di Surabaya

Pilkada

Akan berupaya membantu pemenuhan fasilitas pendidikan di ponpes Murat Alwer

23 Nov 2020 18:55 WIB

Belasan DPC Nasdem di Surabaya Deklarasikan Dukung Er-Ji

Pilkada

14 kecamatan DPC Nasdem di Surabaya

23 Nov 2020 17:11 WIB

Dilamar dengan Tiga Kain Songket Spesial, Jeje Terharu

Entertainment

Anggota dewan DPRD Kota Surabaya termuda ini tampak bahagia.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...