Jejak kaki Dinosaurus ditemukan di Pulau Skye, Skotlandia, dengan uang koin di sebelahnya sebagai pembanding skala. (foto: skye guide)

Jejak Kaki Dinosaurus Ditemukan di Skotlandia

04 Apr 2018 18:46

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Jejak kaki Dinosaurus yang berasal dari 170 juta tahun lalu ditemukan di pulau Skotlandia dan akan membantu menjelaskan evolusi reptil tersebut, ungkap juru bicara Universitas Edinburgh pada Selasa 3 April kemarin.

Jejak kaki itu berada di laguna berlumpur dan dangkal di Pulau Skye. Jejak kaki terbesar itu, yang ditinggalkan oleh sauropoda, berukuran 70 sentimeter.

“Temuan itu penting secara global karena itu adalah bukti langka dari periode Jurasik Tengah, yang dari periode itu telah ditemukan beberapa situs fosil di seluruh dunia,” ungkap universitas itu dalam sebuah pernyataan.

Peneliti mendokumentasikan sekitar 50 jejak kaki di area itu, termasuk jejak kaki theropoda – leluhur Tyrannosaurus rex – yang berukuran sekitar 50 sentimeter. Mereka menggunakan foto drone untuk membuat peta situs.

Paige dePolo, yang memimpin penelitian itu, mengatakan penemuan tersebut “menunjukkan keberadaan sauropoda selama skala waktu yang lebih lama daripada yang diketahui sebelumnya.”

Temuan itu dipublikasikan di Jurnal Geologi Skotlandia. (afp/nh/ma)