Jefri Nichol terbukti lakukan wanprestasi dan dimina membayar Rp4,2 miliar. (Instagram)

Jefri Nichol Terbukti Lakukan Wanprestasi, Begini Detilnya

18 Dec 2020 09:40

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memutus Jefri Nichol terbukti melakukan wanprestasi dalam gugatan yang diajukan oleh PT Falcon Pictures. Jefri, ibu, dan manajernya divonis membayar ganti rugi sebesar Rp4,2 miliar.

Gugatan itu dilayangkan PT Falcon Pictures pada 24 Februari 2020. Mereka mengajukan gugatan lantaran Jefri Nichol disebut tidak menyelesaikan tanggungan empat film sesuai dengan kontraknya. Film tersebut antara lain, Dear Nathan: Hello Salma, Ellyas Pical, Bebas, dan Habibie & Ainun. Di saat yang sama, Falcon Pictures menyebut Jefri Nichol terlibat dalam rumah produksi lain untuk membuat film.

Dalam persidangan, manajer Jefri Nichol saat itu, Baetz Agagon, mengakui jika pihaknya telah menerima pembayaran uang kontrak kerja sama dengan Falcon Pictures. Ia juga berjanji akan mengembalikan uang jika pengadilan memutuskan mereka bersalah.

Kemudian, pada Rabu 16 Desember 2020, PN Jakarta Selatan memutuskamn Jefri Nichol bersalah, melakukan wanprestasi pada Falcon Pictures. "Menghukum tergugat satu, tergugat dua, tergugat tiga membayar ganti rugi terhadap penggugat berjumlah Rp 4,2 miliar," kata Hakim dikutip dari Kompas.

Pihak Jefri Nichol juga harus membayar biaya administrasi perkara sebesar Rp 1.340.000 juta. Jika pihak Jefri Nichol tak membayar setelah putusan incrah pada pekan depan, maka pihak Falcon Pictures akan menyita segala aset milik Jefri Nichol.

Sementara, kuasa hukum Jefri Nichol, Aris Marasabessy, kecewa dengan putusan itu. Menurutnya ada kesalahan dalam penerapan hukum sehingga hakim memutus Jefri Nichol, ibu, dan manajernya bersalah.

"Ya Jefri sendiri merasa enggak ada wanprestasi, yang dia lakukan belum wanprestasi. Jefri mempunyai kewajiban dengan prioritas utama terlebih dahulu pada tanggal tersebut, makanya memang enggak bisa (penuhi jadwal syuting)," kata Aris.

Ia pun mendorong kliennya untuk mengajukan banding atas putusan itu.

Diketahui Jefri Nichol yang lahir pada Januari 1999 itu telah membintangi sejumlah film, di antaranya Surat Cinta untuk Starla the Movie, Dear Nathan, Dear Nathan:Hello Salma, Jailangkung, dan juga film laga Hit & Run. (Cnn/Kom)