Jatim Yakin Akan Membawa Pulang Piala Presiden Gala Siswa

09 Oct 2019 16:28 Nasional

Provinsi Jawa Timur (Jatim) optimis mampu mempertahankan Piala Presiden cabang sepakbola Gala Siswa Tingkat Nasional 2019.

Rasa percaya diri tim Jatim tersebut diungkapkan Kepala Badan Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Kemdikbud Jatim Bambang, saat ditemui ngopibareng.id di GOR Mahasiswa Sumantri Brodjonegoro Kuningan, Rabu 9 Otober 2019.

"Melihat materi para pemain yang ada saya optimis, Piala Presiden yang sedang diperebutkan tim dari 34 provinsi akan kembali ke Jawa Timur," kata Bambang.

Tentang lawan yang dianggap cukup berat bagi Jatim, Bambang menyebut, semua lawan yang berlaga di Gala Siswa tingkat nasional merupakan tim terbaik. Mereka sama-sama memiliki tekad sebagai juara.

"Anak-anak saya intruksikan supaya all out siapapun yang akan dihadapinya," ujarnya.

Jatim dalam laga pembuka Gala Siswa, Selasa 8 Oktober 2019, berhasil membukukan nilai 3, setelah berhasil mengalahkan Jambi 1-0.

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy saat membuka laga siswa tingkat nasional, mengatakan melalui sepakbola ini kementerian yang dipimpinnya ingin mengembangkan pendidikan karakter.

"Filosofi sepakbola mengajarkan pemain menjunjung tinggi sportifitas, kerjasama dan tidak egois," kata Muhadjir.

Gala Siswa yang digelar untuk kedua kalinya, juga untuk mencari bibit pemain sepakbola dari kalangan siswa.

Mendikbud menjelaskan sudah ada beberapa pemain U-16 yang direkrut dari Gala Siswa. Sebagian lagi masuk klub sepakbola papan atas katanya.

Muhajir pun mengapresiasi keikutsertaan Papua dan Papua Barat serta Maluku dalam Gala Siswa 2019. Meskipun daerahnya ada masalah kerusuhan dan bencana alam, mereka tetap mengingirimkan timnya.

"Papua, kita bersaudara berada di bumi yang sama, Indonesia," kata Mendikbud disambut tepuk tangan meriah. Ia menambahkan, Gala Siswa ini tetap digelar siapapun nanti menterinya.

Sebelum melakukan tendangan pembuka Gala Siswa, Muhadjir Effendy menerima Piala Presiden dari Jawa Timur sebagai juara liga siswa 2018.

Penulis : Asmanu Sudharso
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini