Jatim Sementara Pendulang Emas Terbanyak SEA Games 2019

07 Dec 2019 23:59 Lain-lain

Atlet-atlet Jawa Timur berhasil menorehkan prestasi gemilang di ajang SEA Games 2019 Filipina. Hingga H-3 jelang penutupan, atlet Jatim telah menyumbangkan medali emas terbanyak dengan total 16 medali emas, 8 perak, 8 perunggu, dari total raihan medali sementara Indonesia, yakni 50 emas, 49 perak, dan 58 perunggu.

Perolehan kali ini jauh melampaui prestasi SEA Games 2017 Malaysia. Kala itu, atlet-atlet Jatim hanya mampu menyumbang 10 emas, 27 perak, dan 40 perunggu.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jatim, Erlangga Satriagung menyampaikan apresiasinya yang sangat tinggi kepada para atlet Jatim yang berjuang mati-matian untuk bisa tampil sebagai yang terbaik.

Tak hanya itu saja, pria yang akrab disapa Erlangga itu mengatakan, jika keberhasilan para atlet meraih medali emas tak lain karena persiapan matang mereka selama Puslatda dan dilanjutkan melalui Pelatnas.

Erlangga mengatakan, capaian atlet Jatim itu tak lepas dari penerapan sport science selama Puislatda yang mereka jalani di bawah arahan KONI Jatim.

“Ini hasil sport sciences yang dijalankan oleh KONI Jatim. Artinya, apa yang kita jalankan selama ini terbukti membuahkan hasil maksimal,” katanya kepada Ngopibareng.id, Sabtu 7 November 2019.

Meskipun berhasil menerapkan pembinaan yang baik, namun Erlangga tetap masih belum puas karena ada beberapa yang masih perlu ditingkatkan.

Walau telah mengoleksi cukup banyak medali emas, Jatim masih berpeluang menambah pundi-pundi emasnya melalui beberapa cabang olarhaga andalan seperti Panahan, Atletik, dan Ski Air.

Berikut nama-nama atlet Jatim peraih emas:

  1. Dea Salsabila 3 emas (Pentathlon)
  2. M.Ashfiya 1 emas (Voli Pantai)
  3. Adila Sutjiadi 1 emas (Tenis Lapangan tunggal putri)
  4. Ryan Lalisang 1 emas (Boling campuran)
  5. Tanya Roumimper dan Sharon Liman Santoso 1 emas (Boling tunggal putri)
  6. Fafan Khoirul Anwar 1 emas (Menembak)
  7. Agus Adi Prayoko 1 emas (Senam)
  8. Billy Islam 1 emas (Boling ganda putra)
  9. Ade Yusuf Santoso 1 emas (Badminton beregu putra)
  10. Eko Yuli Irawan 1 emas (Angkat Besi)
  11. Seraf Nano Siregar 1 emas (Wushu beregu putra)
  12. Beatrice Gumulya dan Jessy Rompies 1 emas (Tenis Lapangan beregu putri)
  13. Mahue Spens Stuber 1 emas (Kano ganda putra)
  14. Aldila Sutjiadi dan Cristopher Rungkat 1 emas (Tenis Lapangan ganda campuran)
Penulis : Fariz Yarbo
Editor : Rizal A


Bagikan artikel ini