Ilustrasi (Foto: google)

Jatim Luncurkan Chatbot Layanan Aduan Corona

Jawa Timur 03 April 2020 12:07 WIB

Jawa Timur meluncurkan sebuah akun chatbot di media sosial whatsapp. Dengan akun ini, masyarakat bisa menggunakan layanan ini untuk mengetahui data covid-19 terbaru di Jawa Timur. Bahkan, juga bisa secara cepat mengetahui data perkembangan covid-19 di setiap kabupaten/kota.

Selain itu, layanan chatbot ini bisa untuk pemeriksaan mandiri covid-19, konsultasi seputar covid-19, hingga melaporkan temuan jika ada warga yang menunjukkan gejala terpapar virus korona.

Untuk mengakses layanan ini, penggguna ponsel pintar cukup menyalin tautan https://infocovid19.jatimprov.go.id/wacovid19. Kemudian pilih tombol "send" atau kirim.

Namun, jika aplikasi whatsapp sudah terpasang di ponsel pintar, secara otomatis akan masuk dalam chat room akun chatbot Radar Covid Jatim. Setelah itu hanya perlu mengirim pesan otomatis yang tertera dan mengikuti petunjuk selanjutnya.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengatakan layanan ini penting untuk diketahui, disebarkan, dan diakses oleh masyarakat luas. Hal ini agar informasi seputar covid-19 bisa tersosialisasikan dengan baik.

"Bahkan tidak hanya menyosialisasikan soal corona, tapi masyarakat yang mau konsultasi dan memeriksakan dirinya juga bisa, karena layanan chatbot ini sudah terkoneksi dengan tautan yang kami sediakan," ujar Khofifah di Surabaya, Kamis, 2 April 2020.

Khofifah berharap kehadiran layanan chatbot ini bisa menyadarkan masyarakat. Masyarakat bisa memluia gerakan mencegah penularan covid-19 di Jawa Timur.

"Di chatbot ini semua informasi tersedia, termasuk imbauan kepada masyarakat untuk melakukan social distancing, menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Saya harap masyarakat bisa melakukan itu," kata Khofifah.

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

23 Sep 2020 20:38 WIB

Gugus Tugas Pasuruan Akan Kawal Ketat Pelaksanaan PSBB

Ngopibareng Pasuruan

Pengetatan protokol kesehatan akan diberlakukan denda bagi pelanggar.

23 Sep 2020 20:26 WIB

DPRD Surabaya: Labkesda Pemkot Tak Seindah Bayangan

Pemerintahan

Menurut Imam, banyak aturan yang membuat tracing covid tak maksimal.

23 Sep 2020 20:11 WIB

Sinopsis Hail Caesar: Menjaga Ketenaran Bintang Hollywood

Film

Big Movie GTV akan menayangkan film Hail Caesar malam ini.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...