Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi dr Widji Lestariono (foto:Muh Hujaini/Ngopibareng.id)
Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi dr Widji Lestariono (foto:Muh Hujaini/Ngopibareng.id)

Banyuwangi Bersiap Vaksinasi Covid-19 Tahap 2

Ngopibareng.id Jawa Timur 23 February 2021 17:26 WIB

Banyuwangi akan memulai pelaksanaan vaksinasi covid-19 tahap kedua. Pada tahap kedua ini, Banyuwangi mendapatkan jatah 35 ribu dosis vaksin covid-19. Namun pada pada vaksinasi tahap kedua termin pertama ini sasaran vaksinasi hanya untuk 11 ribu orang.

Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi dr. Widji Lestariono menyatakan, hari ini akan datang sebanyak 2.540 vaksin covid-19. Karena jumlah vaksin yang datang sangat terbatas, kata dia, maka tidak semua sasaran vaksinasi tahap kedua ini bisa divaksin pada termin pertama ini.

“Sisanya nanti pada termin kedua, menunggu dropping vaksin berikutnya,” kata pria yang juga Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Banyuwangi ini.

Dia menambahkan, untuk termin pertama ini, sasaran vaksinasi adalah kelompok yang merupakan prioritas-prioritas atau mereka yang sangat beresiko. Contohnya petugas keamanan, yakni Kepolisian dan TNI termasuk Satpol PP, aparat sipil negara (ASN), tenaga pendidik yang ASN, jurnalis, DPRD, BPBD yang ASN.

Fasilitas kesehatan (faskes) yang dilibatkan dalam program vaksinasi tahap kedua ini sebanyak 62 faskes. Terdiri dari rumah sakit, puskesmas dan beberapa klinik termasuk klinik Polresta Banyuwangi dan klinik Kodim 0825 Banyuwangi.

Untuk lokasi pelaksanaan vaksinasi, lanjutnya, semuanya mengacu pada wilayah kerja sasaran. Untuk guru, vaksinasi dilakukan di puskesmas sesuai dengan tempat kerjanya atau lokasi sekolahnya. Untuk anggota DPRD Banyuwangi dilaksanakan di Puskesmas Sobo.

“Semua mengacu pada wilayah kerja. Sedangkan untuk wartawan dilakukan di Puskesmas Mojopanggung,” jelasnya.

Karena di kota Banyuwangi ada banyak kantor SKPD, menurut pria yang akrab dipanggil Rio ini, tidak mungkin puskesmas setempat melayani seluruh SKPD. Sehingga butuh bantuan rumah sakit yang ada di wilayah Kota Banyuwangi untuk melakukan vaksinasi.

“Rumah sakit yang ada, kita perbantukan untuk melakukan vaksinasi. Kita beri jatah untuk melakukan vaksinasi kelompok sasaran tertentu,” jelasnya.

Untuk jadwal pelaksanaan vaksinasi tahap kedua termin pertama ini, Rio masih belum bisa memastikan. Karena vaksin baru datang hari ini, sehingga kemungkinan besok masih akan dilakukan pemetaaan. Kemudian, hari Kamis, 25 Februari 2021 dijadwalkan untuk pengambilan vaksin oleh faskes dari Dinas Kesehatan Banyuwangi.

“Hari Jumat kita jadwalkan pelaksanakan vaksinasinya,” ujarnya.

Penulis : Muh Hujaini

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Feb 2021 06:58 WIB

Messi Bintang Lapangan, Barcelona Raih 3 Poin di Markas Sevilla

Liga Spanyol

Messi mencetak satu gol dan satu assist saat Barca menumbangkan Sevilla 2-0

28 Feb 2021 06:25 WIB

Verona Gagalkan Kemenangan Juventus

Liga Italy

Verona berhasil menahan imbang Juventus 1-1.

28 Feb 2021 05:50 WIB

Dipenjara 20 Hari, Nurdin Ngaku Tak Tahu Suap: Demi Allah!

Korupsi

Nurdin Abdullah melimpahkan kesalahan kepada Sekretaris PUPR Sulsel.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...