Kongres V PDI Perjuangan di Bali, Kamis, 8 Agustus 2019. (Foto: Istimewa)

Janji Jokowi Untuk Kursi Menteri PDIP: Kalau Yang Lain 2, PDIP 4

Politik 08 August 2019 14:55 WIB

Presiden Joko Widodo menjanjikan jumlah kursi menteri untuk PDI Perjuangan akan diberikan yang terbesar dibandingkan dengan parpol pendukung lainnya. Pernyataan Jokowi ini menanggapi permintaan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang meminta jatah menteri lebih dari empat.

"Terakhir saya ingin menjawab mengenai menteri. Kalau yang lain 2 dan PDIP 4 kan sudah dua kali," kata Jokowi saat memberikan sambutan pembukaan Kongres V PDI Perjuangan di Inna Bali Beach Hotel, Kamis 8 Agustus 2019.

Menurut Jokowi, jumlah menteri dari PDI Perjuangan pasti akan lebih besar, bahkan bisa dua kali lipat. "Kalau yang lain 2 dan PDIP 4 kan sudah dua kali. Jadi nanti jika yang lain 3 pasti PDIP? ya belum tentu. Tapi yang jelas PDI Perjuangan pasti yang terbanyak. Itu jaminannya saya," kata Jokowi.

Sebelum Jokowi memberikan sambutan ini, Megawati juga sempat memberikan sambutan pembukaan kongres. Saat sambutan itulah, Megawati blak-blakan saat menyinggung jatah kursi kabinet untuk partainya. Mega bahkan minta jatah menteri partainya haruslah yang terbanyak.

"Ini di depan kongres bapak presiden, saya meminta dengan hormat, dengan jumlah menteri yang harus terbanyak," kata Mega dari atas podium.

Menurut Mega, permintaan langsung dari atas podium seperti yang dia sampaikan merupakan bentuk dari ketegasan dari sebuah partai besar. "Itu namanya baru pukulan. Deb," kata Mega sambil memukulkan kepalan tangannya ke depan.

Menurut Mega, jika dalam kabinet mendatang PDI Perjuangan hanya mendapatkan kursi sedikir, maka dirinya memastikan akan menolaknya.

"Jangan dikira, Ibu Mega, karena PDIP sudah banyak kemenangan sudah ada di DPR, nanti saya kasih cuma empat. Wee, emoh. Tidak mau, tidak mau, tidak mau. Orang yang ga dapat saja minta," kata Megawati yang seraya disambut seruan setuju para hadiri.

"Horeee," kata mega sambil tersenyum.

Penulis : Rohman Taufik

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

12 Aug 2020 19:10 WIB

Hari Pramuka, Para Pandu Diminta Buat Dua Gerakan Nasional

Nasional

Gerakan kedisiplinan dan kepedulian nasional.

12 Aug 2020 16:55 WIB

Panembahan Al Nahyan, Arti Nama Cucu ke-4 Presiden Jokowi

Ngopitainment

Panembahan Al Nahyan, anak kedua Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution.

11 Aug 2020 17:54 WIB

Jokowi: Kita Kembangkan Sendiri, Namanya Vaksin Merah Putih

Nasional

Rencananya vaksin Merah Putih tersebut akan selesai pada pertengahan 2021.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...