Jangan Sepelekan Pengobatan Mata Merah, Akibatnya Bisa Fatal

30 Aug 2019 14:15 RS Mata Undaan
RS Mata Undaan

Jangan sembarangan melalukan pengobatan pada mata merah. Hal inilah yang selalu ditekankan dr. Nur Alim Basyir Hutasuhut, Sp. M spesialis mata dari Rumah Sakit Mata Undaan (RSMU) Surabaya.

Perihal pengobatan mata merah, Alim selalu mengingatkan baik pasien maupun masyarakat pada umumnya, agar tidak meremehkan pengobatan mata merah. Apalagi sampai memakai obat sembarang untuk menghilangkan mata merah.

Kenapa? Dokter dengan sub spesialis Opthomologi umum, Katarak dan Infeksi Imunologi ini menerangkan, mata merah disebabkan oleh banyak hal. Maka dari itu pengobatannya pun harus menyesuaikan penyebab tersebut. Ingat, tidak boleh sembarangan.

"Karena infeksi bisa terjadi di beberapa organ mata, seperti pada konjungtiva (bagian putih di mata), kornea, iris atau uvea. Penyebabnya pun bisa bermacam-macam, dari bakteri, jamur, virus ataupun mikro-organisme lain yang tentunya obatnya juga tidak sama," terang Alim pada ngopibareng.id.

Sampai saat ini, lanjut Alim, dirinya masih banyak mendapatkan keluhan soal mata merah yang diobati dengan obat yang dijual bebas di pasaran sebelum tahu apa penyebab mata merah tersebut.

"Biasanya yang sering terjadi, tetangganya sembuh dengan obat mata ini lalu dia ikut pakai juga. Iya kalau penyebabnya sama kalau penyebabnya berbeda, bisa membuat kondisinya makin fatal," ujar dokter yang sudah bergabung dengan RSMU sejak 2013 ini.

Untuk itu, saat mengalami mata merah, Alim berpesan hal pertama yang harus dilakukan ialah memeriksakannya ke dokter. Hal ini untuk memastikan penyebabnya.

"Kalau sudah tahu penyebabnya, tentunya dokter akan memberikan sesuai dengan kondisi yang dialami. Karena, pengobatan mata merah yang salah justru dapat merusak mata itu sendiri," pungkasnya.

Penulis : Pita Sari
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini