Jan Ethes Ikut Mbah Owi dan Uti Ana di Apel Santri Nusantara Solo

21 Oct 2018 11:16 Ngopitainment

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri apel akbar santri nusantara di Benteng Vastenburg Solo, Sabtu malam, 20 Oktober 2018. Mantan Wali Kota Solo itu tak datang sendiri, namun didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi dan sang cucu, Jan Ethes Sri Narendra. Selain itu ada pula para menteri, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo, dan Forkopimda Jateng.

Lantunan selawat berkumandang menyambut kedatangan sang presiden. Jokowi datang dengan mengenakan jas dan sarung serta peci warna hitam. Sang istri tampak mengenakan busana gamis berwarna putih. Sedangkan sang cucu yang merupakan putra dari pasangan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda tampak mengenakan baju koko putih garis-garis dan celana panjang serta peci putih.

Jan Ethes duduk lesehan dan diapit oleh Jokowi dan Iriana. Ia terlihat menikmati suasana acara apel akbar santri nusantara yang diselenggarakan Ma'ahir Islamiyah Nahdlatur Ulama (RMI NU). Apel tersebut diikuti sekitar 50 ribu santri dari wilayah Jawa Tengah, dan perwakilan santri dari seluruh nusantara.

Jan Ethes tampak menggemaskan dalam acara tersebut. Ia tampak semakin lucu membawa bendera kecil bertuliskan 'Ayo Mondok'. Saat peyanyi Sharla Martiza menyanyikan lagu Kun Anta, Jan Ethes langsung berdiri sambil mengibarkan benderanya.

Lantaran angin yang berhembus cukup kencang di lokasi acara yang digelar di lapangan terbuka itu, Jan Ethes sempat dibawa ke belakang panggung untuk dipakaikan jaket jeans warna biru.

Bukannya diam, Jan Ethes malah berlari-larian dari sisi panggung yang satu ke yang lain. Tak ayal, aksinya itu sempat mengundang gelak tawa. Padahal, pada saat bersamaan, eyangnya sedang berpidato. Paspampres pun terpaksa ikut berlari menangkap bocah 2 tahun tersebut.

Usai Jokowi berpidato, Jan Ethes kembali ke pangkuan eyangnya. Dengan gaya bak artis, ia menghampiri santriwati yang ada di bawah panggung paling depan. Jan Ethes menyalami mereka satu per satu.  Saat Jan Ethes hendak kembali usai menyalami santriwati itu, Jokowi malah menyuruhkan melanjutkan aksi jabat tangan itu ke sisi utara juga.

Penampilan Jan Ethes saat upacara 17 Agustus 2018 lalu
Penampilan Jan Ethes saat upacara 17 Agustus 2018 lalu.

Jan Ethes dalam beberapa kesempatan, selalu mendapat perhatian publik. Pada peringatan Proklamasi RI ke-73 di Istana Merdeka, ia juga sempat viral dengan pakaian adatnya. Juga dengan aksinya melambaikan tangan ke arah wartawan dan cium jauh.

Pada pembukaan Asian Para Games 2018 lalu di Gelora Bung Karno, Jan Ethes juga sempat mencuri perhatian karena aksinya duduk bersama sang eyang di atas panggung kehormatan. (yas)

Jan Ethes ikut nonton pembukaan Asian Para Games 2018
Jan Ethes ikut nonton pembukaan Asian Para Games 2018.
Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini