Jan Ethes, Cucu Jokowi yang Curi Perhatian di Pernikahan Kahiyang

08 Nov 2017 13:26 Nasional

Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, resmi dipersunting Bobby Nasution. Pernikahannya digelar di Graha Saba buana, Solo, Rabu, 8 November 2017.

Namun, dalam rangkaian prosesi pernikahan Kahiyang-Bobby yang digelar sejak Selasa, 7 November 2017 itu, cucu sang presiden, Jan Ethes Srinarenda, justru mencuri perhatian.

Jan Ethes turut ikut dalam sejumlah prosesi pernikahan Kaesang, yakni ketika siraman dan sungkeman, hingga midodareni.

Putra Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda itu juga ikut dalam kirab dan prosesi akad nikah tantenya, Rabu pagi.

Pada proses pernikahan, Jan Ethes turut memakai busana adat Jawa. Ia memakai beskap berwarna hitam lengkap dengan blangkon, bawahan kain batik, dan sandal.

Foto dan komentar-komentar mengenai Jan Ethes yang menggemaskan dalam proses pernikahan itu juga, turut mengundang komentar netizen di media-media sosial.

“Jan Ethes be like: ‘Who am i? where am i? why am i here?” tulis akun Twitter bernama @1Ong1.

“Kicauan” itu untuk mengomentari video momen Jan Ethes yang ikut berbaris bersama kakek, nenek, kedua orang tua, dan pamannya, yakni Kaesang Pangarep, sesaat sebelum ijab kabul. Dalam video itu, Jan Ethes terekam mengaruk-garuk kepalanya.

“Ah, senangnya lihat tingkah lucu Jan Ethes #JokowiMantu,” tulis akun @kepodangkuning. Sementara akun @akuheidi  menuliskan, “Jan Ethes favorit ku!! #JokowiMantu.”

Dalam ijab kabul, Jokowi sendiri menjadi wali Kahiyang.

"Saya nikahkan dan saya jodohkan anak kandung perempuan saya Kahiyang Ayu, dengan engkau Muhammad Bobby Afif Nasution bin Insinyur Haji Erwin Nasution almarhum, dengan mas kawin seperangkat alat sholat dan emas seberat 80 gram dibayar tunai," demikian ucapan ijab Jokowi.

Ucapan itu langsung disambut oleh Bobby.

"Saya terima nikah dan jodohnya Kahiyang Ayu binti Joko Widodo dengan mas kawin seperangkat alat sholat dan emas 80 gram dibayar tunai," ujarnya.

Kemudian, kedua saksi pernikahan yaitu Wapres Jusuf Kalla dan Darmin Nasution menjawab "sah" akad nikah tersebut.

Dalam acara tersebut yang bertindak selaku pelantun ayat suci Al Quran adalah Agus Maarif, khotbah nikah oleh Said Aqil Siradj dan doa pernikahan oleh Haedar Nasir. (kuy)

Reporter/Penulis : Farid Rahman


Bagikan artikel ini