Direktur Ditreskrimsus Polda Jatim, Kombes Pol Gidion Arif Setyawan, ketika mengungkap kasus investasi bodong di Mapolda Jatim. (Foto: Fariz Yarbo/Ngopibareng.id)
Direktur Ditreskrimsus Polda Jatim, Kombes Pol Gidion Arif Setyawan, ketika mengungkap kasus investasi bodong di Mapolda Jatim. (Foto: Fariz Yarbo/Ngopibareng.id)

Jaksa Ajukan Kasasi Atas Vonis Bebas Bos MeMiles

Ngopibareng.id Hukum 14 October 2020 13:20 WIB

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur (Jatim) sepakat mengajukan kasasi terhadap Direktur Utama PT Kam and Kam, Kamal Tarachand Mirchandani alias Sanjay yang divonis bebas oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Surabaya terkait dengan kasus investasi bodong, 24 September 2020 lalu.

"Untuk terdakwa Kamal, tim Jaksa Penunut Umum telah mengajukan upaya hukum kasasi pada tanggal 6 Oktober 2020," ungkap Kepala Seksi Penerangan dan Hukum Kejati Jatim, Anggara Suryanagara, Rabu 14 Oktober 2020.

Namun, pengajuan kasasi ini baru dilakukan terhadap Sanjay. Sedangkan empat orang terdakwa lainnya, yakni Direktur Marketing Fatah Suhanda, Purchasing bernama Sri Widyaswati alias Wiwid, Kepala Bagian IT Prima Handika, hingga motivator Martini Luisa alias dr Eva yang juga divonis bebas oleh hakim belum diajukan kasasi, karena jaksa masih memanfaatkan waktu untuk membuat pertimbangan.

"Untuk sementara belum, ditunggu saja perkembangannya," imbuh Anggara.

Empat terdakwa ini juga tersangkut kasus investasi bodong karena berdasar penyelidikan dan penyidikan yang dilakukan oleh aparat Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jatim telah memenuhi usur tindak pidana.

Sebelumnya, Sanjay dibebaskan dari dakwaan Pasal 105 subsider Pasal 106 Undang-Undang Perdagangan juncto Pasal 55 Ayat 1 ke-1 KUH Pidana.

Hakim kemudian memerintahkan jaksa agar mengeluarkan terdakwa Sanjay dari dalam tahanan dan memerintahkan jaksa mengembalikan seluruh aset yang semula disita, yakni berupa uang lebih dari Rp100 miliar hingga ratusan benda berharga kepada perusahaan yang dikelola terdakwa dan pemilik lainnya.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Nov 2020 15:27 WIB

Niat Bantu Sesama, Ibu-ibu Gelar Donor Darah dengan Protokol 3M

Rek, Ojok Angel Tuturane

Donor darah digelar dengan protokol 3M.

28 Nov 2020 15:15 WIB

Foto Ndresmo Dukung MAJU, Pembuat Meme Minta Maaf

Pilkada

Menurut si pembuat meme, foto itu hanya untuk bercanda.

28 Nov 2020 15:12 WIB

Buya Syafii: Keadilan Itu Pokok Tauhid di Muka Bumi

Khazanah

Raih Penghargaan People Of The Year 2020

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...