Calon Walikota Surabaya Eri Cahyadi, ketika bertemu dengan BAMAG Kota Surabaya. (Foto: PDI Perjuangan)
Calon Walikota Surabaya Eri Cahyadi, ketika bertemu dengan BAMAG Kota Surabaya. (Foto: PDI Perjuangan)

Jaga Toleransi Surabaya, Eri Siapkan Beasiswa untuk Guru Agama

Ngopibareng.id Pilkada 15 October 2020 19:30 WIB

Calon Walikota nomor urut 1, Eri Cahyadi berkunjung ke kantor Badan Musyawarah Antar Gereja (BAMAG) Surabaya untuk bersilaturahmi, dan membahas berbagai langkah dalam menjaga toleransi antar umat beragama yang sudah terjalin harmonis selama ini.

Menurut Eri, kekuatan persatuan yang ada di Surabaya harus terus digalakan. Karena dengan persatuan dan toleransi itulah, segala program untuk menjadikan Kota Surabaya lebih baik bisa terlaksana dengan lancar.

"Kota Surabaya adalah kota toleran. Dan yang hebat adalah ketika bakti sosial, pemerintah kota hadir di sana, umat lintas agama juga ikut serta. Komitmen kami jelas, akan terus menjadikan Surabaya sebagai rumah besar yang ramah bagi semua,” imbuhnya.

Untuk memuluskan upaya ini, Eri mengaku sudah menyiapkan sejumlah program untuk memantapkan kerukunan anta rumat beragama di Surabaya. Di antaranya adalah terus menjalin komunikasi yang intensif dengan semua umat.

“Kami akan meningkatkan dan memperbanyak kuota insentif guru keagamaan. Warga Surabaya harus berdaya saing global, namun juga memiliki karakter serta kuat agamanya sesuai keyakinan masing-masing. Salah satu kunci untuk mewujudkan SDM seperti itu adalah peran para guru keagamaan,” kata Eri Cahyadi.

Eri juga merencanakan program beasiswa bagi para guru keagamaan. Sehingga mereka bisa studi tentang ilmu agama, tanpa takut mengeluarkan biaya sepersepun. Mereka akan terbagi sesuai dengan jurusan agama masing-masing.

”Jadi, guru keagamaan akan difasilitasi untuk studi agama sesuai kepercayaannya masing-masing, misalnya ke STAIN, Sekolah Tinggi Teologi, Sekolah Tinggi Agama Katolik, Sekolah Tinggi Agama Hindu, Sekolah Tinggi Agama Buddha, Sekolah Tinggi Agama Konghucu, dan sebagainya sesuai bidangnya,” ujarnya.

Tak hanya itu, Eri juga akan memberikan apresiasi bagi pegiat keagamaan yang berprestasi dalam menghadirkan kader-kader keagamaan yang berkarakter positifm untuk mendukung keberlangsungan toleransi di Kota Surabaya. “Apresiasi ini sebagai bentuk kehadiran pemerintah sangat mendukung aktivitas keagamaan untuk membentuk karakter positif pada generasi muda,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Umum BAMAG Surabaya Pdt M. Sudhi Dharma, menyambut baik program Calon Walikota dan Wakil Walikota Eri Cahyadi-Armuji, yang akan meneruskan program Walikota Tri Rismaharini untuk menjadikan Kota Pahlawan sebagai rumah besar bagi semua umat beragama tanpa adanya diskriminasi. "Pak Eri Cahyadi dan Pak Armuji memiliki komitmen untuk menjaga keberagaman di Surabaya," kata Pdt M. Sudhi Dharma.

Sudhi Dharma mengaku, sebagai Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko), ia yakin Eri memahami tantangan dan solusi permasalahan di Kota Surabaya. utamanya yang berkaitan dengan sosial keagamaan. "Apa yang disampaikan Pak Eri dan Pak Armuji kepada kami menunjukkan bahwa mereka adalah pemimpin yang tahu persis apa yang jadi kebutuhan masyarakat," katanya.

Catatan redaksi: berita ini mengalami perubahan, pada 16 Oktober 2020, pukul 13:04 WIB. 

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Feb 2021 16:25 WIB

Mahasiswa ITS Ciptakan Rumah Pintar Membuat Garam Berkualitas

Pendidikan

Rumah garam itu dinamakan Smart House Salt Maker.

26 Feb 2021 15:45 WIB

Dilantik, Bupati Ponorogo: Kami Harus Lari Kencang Sambil Lompat

Jawa Timur

Bupati Ponorogo, janjikan majukan Ponorogo dengan cepat.

26 Feb 2021 15:16 WIB

Di Malang, Emil Dardak Janji Perkuat Kawasan Ekonomi Kreatif

Jawa Timur

Emil berharap jadi wadah pengembangan anak muda.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...