KH A Mustofa Bisri (foto: dok ngopibareng)

Jadi Korban Untaian Kata Sukmawati, Ini Pengakuan Gus Mus

05 Apr 2018 09:30

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Meski secara terus terang Sukmawati Soekarnoputri telah meminta maaf pada publik dan umat Islam secara luas, untaian kata-kata berjudul “Ibu Indonesia” masih menyisakan masalah. KH A Mustofa Bisri, di antara yang menjadi korbannya. Ada sejumlah komentar yang mengatasnamakan Pengasuh Pesantren Raudlatut Thalibin Rembang itu, ternyata tidak benar alias hoaks.

“Mengapa sih ada orang punya pikiran dan pandangan kok tidak mau mengakui pikiran dan pandangannya sendiri? Kok malah diakukan-akukan milik orang lain?” Demikian tulis Gus Mus, panggilan akrab KH A Mustofa Bisri, di akun facebooknya.

Sementara itu, melalui akun Facebook pribadinya Ienas Tsuroiya, putri mustasyar PBNU itu, mengklarifikasi bahwa apa yang telah tersebut melalui media sosial itu adalah hoaks.

“Sebenarnya saya enggak mau menanggapi soal puisi Sukmawati itu. Lelah. Tapi pagi ini mendapat laporan dari adik saya, ada yang menulis pembelaan terhadap Sukmawati, dengan (lagi-lagi) MENCATUT nama Abah. Sekali lagi saya tegaskan, postingan yang beredar di WA itu, BUKAN tulisan Abah,” tulis Ienas, dikutip ngopibareng.id.

Menurut Ienas, tulisan yang beredar itu luar biasa kacau, dipenuhi tagar di sana-sini. “Pokoknya secara kualitas, sampah banget dah. Seharusnya, begitu membaca tulisan sekacau itu, orang langsung tahu, ngga mungkin itu tulisan Abah. Well, ternyata masih banyak yang merasa perlu bertanya langsung ke Abah. Sad, indeed,” tulisnya.

Seperti diberitakan ngopibareng.id, untaian kata Sukmawati bertajuk “Ibu Indonesia” menimbulkan reaksi keras dari masyarakat, khususnya umat Islam. Kontroversi kata-kata Sukmawati yang dibaca di gelaran pertunjukkan busana Anne Avantie beberapa waktu lalu itu. (adi)