Seorang pengunjung wisata Bangsring Underwater sedang mencuci tangan sebelum masuk ke area wisata. (Foto: Muh Hujaini/Ngopibareng.id)
Seorang pengunjung wisata Bangsring Underwater sedang mencuci tangan sebelum masuk ke area wisata. (Foto: Muh Hujaini/Ngopibareng.id)

Destinasi Favorit, Bangsring Underwater Tetap Terapkan 3M

Ngopibareng.id Rek, Ojok Angel Tuturane 05 December 2020 16:19 WIB

Di masa adaptasi kebiasaan baru, wisata alam menjadi favorit masyarakat untuk melakukan liburan guna melepaskan kejenuhan. Kendati demikian, protokol kesehatan tetap harus dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Alasan ini yang mendasari pengelola wisata  pantai Bangsring Underwater, di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwang, untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Di destinasi wisata yang juga dikenal dengan wisata edukasi ini 3M yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan diberlakukan dengan ketat oleh pengelola.

"Semua pengunjung harus menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat seperti di depan ada cuci tangan, hand sanitizer," jelas Pengelola Wisata Bangsring Underwater, Ikhwan Arief, Sabtu, 5 Desember 2020.

Tidak hanya itu, sebelum masuk area Bangsring Underwater, dilakukan pengecekan suhu tubuh pengunjung. Pengelola juga memasang peringatan-peringatan agar pengunjung menggunakan masker di beberapa titik wisata Bangsring Underwater.

"Semua pengunjung yang masuk ke sini wajib mengunakan masker," tegasnya.

Ikhwan Arief menyatakan, pada hari-hari biasa, pengunjung Bangsring Underwater rata-rata sekitar 100 orang. Namun pada akhir pekan jumlahnya bisa lima kali lipat atau bahkan lebih, yakni sekitar 500 hingga 800 pengunjung.

Di Bangsring Underwater yang paling banyak diminati wisatawan adalah snorkling dan diving. Apalagi akhir-akhir ini pengelola sedang mengembangkan dunia bawah lautnya. Menurut Ikhwan Arief, hal ini bisa menjadi obat bagi masyarakat atau  wisatawan yang selama ini jenuh berada di rumahnya karena tidak bisa keluar.

"Sehingga wisata alam utamanya wisata alam bawah laut seperti ditempat ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri," tegasnya.

Salah seorang pengunjung, Aditya Rahma, menyatakan selama pandemi covid-19 aktivitasnya lebih banyak bekerja dan berada di rumah saja. Saat ada kesempatan berlibur,  warga Surabaya ini memutuskan untuk ke Banyuwangi dan memilih destinasi wisata yang menarik.

Dia pun memilih Bangsring Underwater sebagai salah satu wisata bahari untuk melakukan snorkling. Dia mengaku baru pertama kali melakukan snorkling. Oleh pengelola dia diajari hingga bisa dan akhirnya bisa menikmati snorkling di tempat itu.

"Banyak ikan-ikan, terumbu karangnya juga bagus-bagus. Keren banget," ujar perempuan yang mengaku baru pertama kali ke Banyuwangi ini.

Penulis : Muh Hujaini

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Feb 2021 23:10 WIB

Resmi, Australia Wajibkan Google dan Facebook Bayar ke Media

Aplikasi

Undang-undang ini menjadi yang pertama di dunia.

25 Feb 2021 22:45 WIB

China Kini Punya Empat Vaksin Covid-19

Internasional

China juga belum mengeluarkan izin untuk vaksin buatan Barat.

25 Feb 2021 22:23 WIB

Kepolisian Awali Vaksinasi Covid-19 Tahap II di Banyuwangi

Jawa Timur

Targetkan per hari bisa vaksin 100 orang.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...