Yunahar Ilyas
Yunahar Ilyas

Izin Travel Umrah Nakal Dicabut, Muhammadiyah Ingatkan Umat Harus Lebih Kritis

Ngopibareng.id Khazanah 31 March 2018 18:52 WIB

Kementerian Agama (Kemenag) kembali mencabut izin operasional empat pelaku bisnis umrah yang bermasalah. Surat Keputusan (SK) pencabutan telah disampaikan kepada masing-masih pihak.

"SK pencabutan telah disampaikan kepada masing-masing pihak melalui kantor wilayah Kemenag setempat," kata Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Nizar Ali saat jumpa pers di Kementerian Agama, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Menanggapi maraknya kasus travel umroh yang bermasalah, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang membidangi Majelis Tarjih dan Tabligh, Yunahar Ilyas, menegaskan bahwa Kementrian Agama (Kemenag) harus lebih aktif dalam mengawasi penyedia haji dan umroh.

“Kemenag harus lebih selektif lagi dalam memberikan izin bagi penyedia haji dan umroh, dan juga harus ketat megawasi travel-travel yang sedang beroperasi, agar kasus-kasus yang sudah terjadi tidak terulang kembali,” jelas Yunahar, dalam keterangan diterima ngopibareng.id.

Yunahar juga berpesan agar masyarakat dapat lebih kritis dalam memilih penyedia haji dan umroh.

“Penipuan dalam bentuk apa pun pasti akan terjadi, yang terpenting bagaimana kita bisa mengantisipasi agar tidak terjebak dalam penipuan tersebut, khususnya dalam hal memilih penyedia umroh dan haji,” tegas Yunahar.

Selain itu, Yunahar juga mengingatkan kepada para ustad-ustad untuk tidak mudah mempromosikan travel umroh dan haji kepada jamaah, jika belum mengetahui secara jelas track record travel umroh tersbeut.

“Para ustad juga jangan mudah terjebak dengan iming-iming umroh gratis, jika nantinya dapat merugikan para jamaah,” pungkas Yunahar. (adi)

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

03 Dec 2020 14:38 WIB

USU Pilih Rektor Baru, Muriyanto Amin Pemenangnya

Pendidikan

Dekan FISIP Dr Muriyanto Amin terpilih menjadi rektor baru USU.

29 Nov 2020 02:30 WIB

Di Masa Pandemi Muhammadiyah Hadir Memberi Solusi, Ini Faktanya

Khazanah

Kesibukan harus dilakukan jika umat dan bangsa ingin maju

28 Nov 2020 20:41 WIB

Gelorakan Semangat Wirausaha, Ini Tekad Pemuda Muhammadiyah

Khazanah

Terus menggerakkan ekonomi meski situasi sulit

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...