PDAM Surya Sembada Surabaya menggelar rapid test mandiri kepada 300 karyawannya. (Foto: Instagram @pdamsuryasembada)

Isu 3 Karyawan PDAM Surya Sembada Surabaya Covid-19, Ini Faktanya

Surabaya 06 June 2020 19:54 WIB

Sebuah berita tersebar di media sosial mengenai pegawai hingga petinggi PDAM Surya Sembada Kota Surabaya yang disebut positif terjangkit Covid-19.

Hal ini dipicu oleh kematian sopir pribadi Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada Kota Surabaya Mujiaman, bernama Edy Waluyo.

Sopir ini meninggal dunia di Rumah Sakit Angkatan Laut dr Ramelan Surabaya pada 28 Mei 2020. Kabar yang beredar, sopir tersebut terpapar corona dan diduga menulari bosnya.

Faktanya, PDAM Surya Sembada Surabaya dikutip dari akun Instagram resmi menyebut, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur merespon dengan mengatakan bahwa TIDAK ADA pegawai maupun petinggi PDAM Surabaya yang positif Covid-19. Hanya saja, dia menyebutkan bahwa memang ada 3 orang yang reaktif rapid test.

Selain itu, Wakil Koordinator Hubungan Masyarakat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya pun menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Surabaya akan segera menggelar pemeriksaan massal kepada 1.800 karyawan PDAM Surya Sembada Kota Surabaya dengan menggunakan alat tes diagnostik cepat.

Dalam keterangan selanjutnya, admin menyertakan keterangan yang diambil dari Ketua Rumpun Tracing Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur, dr Kohar Hari Santoso.

"Jadi memang ada karyawan yang sakit, kemudian terindikasi gejala seperti Covid-19. Kemudian dievaluasi lebih lanjut dan dirawat di RSAL (Rumah Sakit Angkatan Laut dr Ramelan Surabaya), ternyata kemudian meninggal.

Selanjutnya, di kantor PDAM dilakukan rapid test massal dan didapatkan tiga orang yang reaktif, yang saat ini sudah diisolasi di rumah sakit dan ada yang isolasi mandiri di rumah. Nantinya, mereka yang positif akan ditindaklanjuti melalui tes swab," demikian keterangan Kohar.

Di akhir keterangannya, pihak PDAM Surya Sembada Surabaya mengimbau untuk mematuhi protokol kesehatan selama pandemi corona.

"Mari bersama-sama kita patuhi protokol kesehatan yakni selalu menggunakan masker dan mencuci tangan dengan sabun serta air mengalir," demikian tulis admin Instagram @pdamsuryasembada.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

19 Sep 2020 09:53 WIB

Specialized 'Bocorkan' Frame Ringan Terbaru

Gowes Bareng

Memang, bila dilihat bentuknya, frame itu tidak terlalu istimewa.

19 Sep 2020 09:48 WIB

Pertimbangkan Daerah Tunda Pilkada, Ini Solusi Terbaik

As’ad Said Ali

Berpotensi penyebaran Corona di arus bawah (grassroot)

19 Sep 2020 09:39 WIB

Ketua Komisi X DPR: Bantuan Pulsa PJJ Realisasikan Secepatnya!

Nasional

Sebab sampai sekarang bantuan kuota internet dari Kemendikbud belum turun

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...