Wiwin Isnawati, istri Wakil Bupati Jombang positif Covid-19. (Foto: Dok @wiwinisnawati)

Wabup Jombang Gelar Rapid Test, Istri Sendiri yang Positif Covid

04 Aug 2020 20:40

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Istri Wakil Bupati Jombang, Wiwin Isnawati dinyatakan positif Covid-19. Istri orang nomor dua di Jombang itu diketahui positif setelah hasil rapid test reaktif serta swab pertama positif.

“Setelah adanya beberapa pejabat yang positif, Pak Sumrambah (Wakil Bupati Jombang) ada insitiatif memanggil kami. Waktu dites rapid test pada 24 Juli 2020 bapak dan anaknya non-reaktif, tetapi ibu reaktif. Kami lantas menyarankan untuk tes swab, PCR dan rontgen,” kata Direktur RSUD Jombang dr Pudji Umbaran pada Selasa, 4 Agustus 2020.

Pudji menyebutkan, hasil rontgen bersih dengan tidak adanya infeksi. Namun, hasil dari tes PCR positif. Karenanya Wiwin disarankan isolasi mandiri di rumah. Lebih lanjut, Wiwin melakukan tes rontgen ulang dan hasil foto paru-parunya bersih, pada 27 Juli 2020.

“Kami juga langsung foto rontgen saat itu dan hasilnya betul-betul bersih nggak ada infeksi. Beliau juga sangat patuh saat diminta isolasi mandiri. Tiga hari kemudian kami rontgen ulang dan paru-parunya bersih,” ujarnya.

Menurut Pudji, berdasarkan keterangan yang diperoleh dari Wabup, istrinya mengalami gejala batuk. Batuk tersebut diperparah riwayat bronkitis kronis yang menyebabkan durasinya lama. Wiwin sendiri tidak pernah melakukan perjalanan ke luar kota. Sedangkan, hingga saat ini Jombang tercatat berstatus zona merah.

Hasil swab kedua yang dilakukan pada Sabtu, 1 Agustus 2020, ternyata menunjukkan hasil yang sama. Namun, lantaran kondisi fisik Wiwin yang sehat dan gejalanya ringan, Wiwin diisolasi di Rumah Dinas Wakil Bupati Jombang.

“Selama ini ibu nggak pernah kemana-mana, kemungkinan tertular karena transmisi lokal. Karena gejalanya ringan dan fisiknya sehat beliau diisolasi di rumah dinas,” tutup Pudji.