Keindahan Masjid Al-Azhar di Kairo, Mesir. Pusat dakwah dunia. (Foto: Istimewa)
Keindahan Masjid Al-Azhar di Kairo, Mesir. Pusat dakwah dunia. (Foto: Istimewa)

Islam dalam Cita dan Fakta, Begini Indahnya

Ngopibareng.id Khazanah 20 January 2021 02:16 WIB

Antara cita Islam dan fakta Islam di antara kaum Muslim adalah dua hal yang berbeda. Cita Islam itu merujuk kepada apa yang tercantum di dalam Al-Quran dan Sunnah Nabi. Itulah yang menjadi tuntunan ideal bagi setiap Muslim.

Melalui kedua pedoman itu seorang Muslim mendasarkan prinsip hidup, keimanan, ibadah, dan akhlaknya. Hal itu terjadi melalui proses pembelajaran dan pendidikan mulai dari generasi sahabat, tabiin, tabiut tabiin sampai sekarang.

Menurut Abdul Hakim, dalam proses penyampaian Islam dari kedua sumber asalnya itu tentu saja telah mengalami degradasi karena adanya interpretasi dan kapasitas pengetahuan yang berbeda-beda dari para pengajar Islam itu.

"Situasi politik, lingkungan sosial, letak geografis, dan perkembangan sains, juga turut memengaruhi cara pandang dan praktek keagamaan dari umat Islam," tuturnya.

Jadi Islam yang kita lihat saat ini adalah Islam yang telah mengalami proses sejarah dan transformasi budaya. Sehingga Islam sebagai fakta yang kita lihat pada kaum Muslim itu sangat beragam. Islam di kawasan Arab, Iran, Turki, Mesir dan Afrika. China dan India, Indonesia dan Asia Tenggara, serta kawasan lainnya, semuanya menunnjukkan ciri-ciri yang berbeda.

Dengan menyadari realitas Islam sedemikian, menurut Abdul Hakim, sudah seharusnya bagi kita untuk lebih mengedepankan sikap keberagamaan yang toleran terhadap perbedaan dan tidak memutlakkan pandangan sendiri.

Untuk itu diperlukan kesucian hati dan keikhlasan dalam beragama sesuai tingkat pemahaman dan sejauh yang mampu kita lakukan sebagai proses penyempurnaan diri yang terus berlangsung sepanjang hayat.

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Feb 2021 05:11 WIB

Lima Manfaat Kismis Sebagai Camilan yang Sehat

Kesehatan

Kismis mengandung berbagai nutrisi.

28 Feb 2021 04:55 WIB

39 Hari Bebas, Millendaru Kembali Terciduk Razia Narkoba

Kriminalitas

Millendaru dkk positif benzo usai konsumsi ekstasi.

28 Feb 2021 04:25 WIB

Bandara Jenderal Besar Soedirman Beroperasi 22 April

Nasional

Bandara Jenderal Besar Soedirman di Wirasaba, Purbalingga.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...