Mobil Wakil Presiden (wapres) Ma'ruf Amin tengah diisi bensin dari jerigen cadangan untuk mobil Mercy. (Foto: Facebook)

Isi Bensin Mobil Wapres dari Jerigen, Bukan Eceran Tapi…

Human Interest 11 July 2020 16:59 WIB

Media sosial diramaikan dengan video kendaraan dinas Wakil Presiden (wapres) Ma'aruf Amin yang berplat nomor "INDONESIA 2" diisi bahan bakarnya dengan menggunakan jerigen.

Dalam video berdurasi sekira 8 detik yang diunggah oleh akun Facebook @peristiwahariini, terlihat mobil mewah yang berhenti di pinggir jalan sedang diisi bahan bakar menggunakan jerigen dan selang oleh beberapa pria menggunakan kemeja batik.

Sementara itu, tampak beberapa orang berseragam militer berdiri berjaga di sekitar mobil, diduga sebagai pasukan pengamanan presiden. Hal tersebut membuat publik dunia maya berspekulasi jika mobil wapres ini kehabisan bensin.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar mengatakan, pengisian BBM dari jerigen dilakukan karena tidak adanya SPBU yang memiliki bahan bakar minyak (BBM) sesuai kriteria mobil VVIP.

Menurut Oemar dalam setiap rangkaian udah disiapkan BBM cadangan di dalam jerigen. Hal ini untuk mengantisipasi jika SPBU tidak menyediakan jenis BBM sesuai yang dibutuhkan mobil VVIP.

"Dalam setiap rangkaian VVIP selalu disiapkan BBM cadangan dalam jeriken di mobil teknisi. Saat diperlukan pengisian BBM dan tidak tersedia BBM yang sesuai dengan spesifikasi mobil VVIP di SPBU setempat, maka digunakan BBM cadangan yang telah disiapkan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu 11 Juli 2020.

Rekaman video yang beredar di media sosial diklaim Oemar saat kunjungan kerja (kunker) di Sukabumi, Jawa Barat, pada 8 Juli lalu.

Saat itu, Ma'ruf Amin didampingi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim serta Menteri Agama Fahrul Razi dan Gubernur Jawa Barat Ridwan melakukan peninjauan ke SMAN 4 Kota Sukabumi, Balaikota Sukabumi dan Pesantren Assobariyyah, Kota Sukabumi.

Adapun video yang beredar, pengisian bensin dilakukan di pinggir jalan depan Pesantren Assobariyyah.

"Wapres Ma'ruf menumpangi kendaraan VVIP jenis Alphard, bukan Mercy seperti viral di media sosial," sambung Oemar.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Aug 2020 13:20 WIB

Ponorogo Gelar Balap Sepeda saat Pandemi Covid-19

Jawa Timur

Bupati Cup Ponorogo Drag Bicycle 2020 digelar, Minggu 9 Agustus 2020.

09 Aug 2020 12:46 WIB

Lakon Sabdo Pandito Rakjat Berkisah Tentang Dalang Ki Nartosabdo

Hiburan

Sore ini bisa disaksikan secara streaming di Youtube.

09 Aug 2020 12:20 WIB

Video Latihan Anggota Paskibra yang hanya Berjumlah 8 Orang

Nasional

Paskibraka tak menyangka bisa dua kali bertugas gara-gara corona.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...