Puing-puing pesawat Ukraina yang hancur ditembak rudal militer Iran. (Foto: Associated Press)

Iran Tembak Boeing, Kanada Minta Kompensasi Rp 261 Juta per Orang

Internasional 18 January 2020 09:10 WIB

Pemerintah Kanada mengumumkan jika mereka akan menagih kompensasi atas korban yang meninggal dalam tragedi meledaknya pesawat milik Ukraina di langit Iran. Kompensasi itu akan ditagihkan kepada Iran.

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeu mengumumkan jika mereka akan menagih kompesasi sementara sebesar 14.700 pound sterling atau sekitar Rp 261 juta rupiah untuk setiap korban yang meninggal dalam kecelakaan itu.

Kanada juga berharap Iran akan memberikan kompensasi finansial pada seluruh keluarga dari korban.

“Saya telah bertemu mereka (keluarga korban) dan mereka tak bisa menunggu hingga berminggu-minggu. Mereka butuh dukungan sekarang,” kata Trudeu kepada reporter di Kanada, pada Jumat 17 Januari 2020, dikutip dari Bbc.com.

Pengumuman itu datang sehari setelah Menteri Luar Negeri Kanada, Francois Philippe Champagne menyatakan ingin bertemu dengan otoritas Iran terkait penyelidikan tragedi pesawat Ukraina.

Champaigne juga mengadakan pertemuan dengan menteri dari empat negara lain yang warga negaranya juga menjadi korban dalam kecelakaan itu, di London.

Berbicara mewakili kelompok tersebut ia mengatakan “Kami di sini untuk mengejar penutupan, pertanggungjawaban, transparansi dan keadilan bagi korban, yaitu Warga Negara Ukraina, Swedia, Afghanistan, Inggris, Kanada, dan juga Iran, melalui penyelidikan internasional yang penuh, menyeluruh, dan transparan,” katanya.

Sebelumnya, dikutip dari The Guardian, terdapat 176 penumpang yang meninggal dalam tragedi itu. Mereka terdiri dari 78 warga Iran, 63 warga Kanada, 11 warga Ukraina, 10 penumpang asal Swedia, 7 warga Afghanistan, 4 warga Inggris, dan 3 warga Jerman. Data terkait kewarganegaraan cukup membingungkan lantaran banyak di antara penumpang memiliki kewarganegaraan ganda.

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

12 Aug 2020 01:34 WIB

Cegah Pengambilan Paksa Jenazah, Pemkot Malang Ingatkan RS

Jawa Timur

Terkait video viral pengambilan paksa jenazah di Malang.

12 Aug 2020 00:30 WIB

Bertambah 20 Orang, Kasus Covid-19 di Pasuruan Total 737 Kasus

Ngopibareng Pasuruan

Dalam sehari kasus baru covid-19 di Pasuruan bertambah 20 orang.

11 Aug 2020 23:34 WIB

BNI Dukung Ketahanan Pangan Lewat KUR untuk Petani

BNI Peduli

Bekerjasama dengan Kementerian Pertanian.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...