Puing-puing pesawat Ukraina yang hancur ditembak rudal militer Iran. (Foto: Associated Press)

Iran Tangkap Tersangka Penembak Pesawat Ukraina

Internasional 15 January 2020 23:38 WIB

Iran mengumumkan telah menangkap sejumlah orang yang bertanggung jawab atas jatuhnya pesawat Ukraina, pada Rabu 8 Januari 2020. Penyidikan dan persidangan nantinya akan dilakukan oleh pengadilan khusus.

Pengumuman itu dikeluarkan juru bicara pengadilan Iran, Gholamhossein Esmaili, pada Selasa, 13 Januari 2020. Ia juga mengumumkan jika Iran telah menahan sekitar 30 orang yant terkait dengan unjuk rasa terhadap pemerintah Iran dengan tuduhan "terlibat dalam perkumpulan ilegal", diterjemahkan dari Bbc.com. Diduga, pihak yang ditahan akan dikenai tuntutan terkait keamanan nasional.

Presiden Iran Hassan Rouhani menyatakan jika investigasi atas tragedi itu harus dilakukan oleh "pengadilan khusus" yang akan mengadili tidak hanya mereka yang "menarik pelatuk" saja.

Pasca meledaknya pesawat Ukraina, Iran melakukan penyelidikan internal dan menolak bantuan dari Boeing atau Amerika Serikat, untuk memperbaiki kotak hitam pesawat yang hancur akibat ledakan.

Selain menangkap terduga pelaku, Garda Revolusi Iran juga menangkap orang yang merekam detik-detik ketika pesawat itu dihantam rudal.

Rekaman video itu kemudian viral di media sosial tak lama setelah pesawat terjatuh, dan menyebabkan analisis tentang pesawat yang jatuh akibat ditembak, bermunculan.

Namun, informasi ini dibantah oleh jurnalis Iran yang berada di London, Nariman Gharib. Nariman yang menyebarkan rekaman video itu mengatakan jika narasumbernya aman, dan Iran telah salah menangkap orang.

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Apr 2020 04:45 WIB

Sebelum Meninggal, Glenn Fredly Sempat Rayakan Ultah Istrinya

Musik

Melalui akun Instagram @glennfredly309, Glen mengunggah video bersama istri

09 Apr 2020 04:39 WIB

Selesai, Karya Glenn Fredly Jadi Pertanda Kematian?

Musik

Judul lagu Selesai seolah pertanda kepergian Glenn Fredly.

09 Apr 2020 04:25 WIB

Glenn Fredly Idap Meningitis, Sudah Sebulan Tak Nyaman

Musik

Di tengah pandemi corona, tiba-tiba muncul kabar kematian Glenn Fredly.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.