Pelatih Timnas Indonesia U-19, Fakhri Husaini (kiri) bersama Pelatih Timnas China U-19 Yaodong Cheng (kanan) dalam konferensi pers di Hotel Verwood, Surabaya, Rabu 16 Oktober 2019. (Foto: Fariz/ngopibareng.id)

Intip Kekuatan Asia Timur, Timnas U-19 Gelar Uji Coba Lawan China

Timnas 16 October 2019 14:23 WIB

Timnas Indonesia U-19 terus mematangkan persiapannya, menjelang gelaran Piala AFC U-19 di Jakarta, 2-10 November 2019. Sebagai salah satu persiapan, timnas asuhan Fakhri Husaini itu akan melakukan dua pertandingan uji coba internasional menghadapi China U-19.

Laga ini digelar di Stadion Gelora Bung Tomor, Surabaya, Kamis 17 Oktober 2019. Jeda tiga hari kemudian, laga digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Minggu 20 Oktober 2019.

Selaku pelatih kepala, Fakhri Husaini mengatakan uji coba ini akan dijadikan bahan evaluasi pasca dua minggu melakukan pemusatan latihan.

"Uji coba ini sangat penting bagi kami untuk melihat persiapan tim ini setalah latihan selama dua minggu. Kami mengukur seberapa bagus latihan dan seperti apa anak-anak menerima program latihan kami. Kami harap China bisa memberi tekanan pada kami agar bisa tahu kesiapan anak-anak," kata Fakhri dalam konferensi pers, Rabu 16 Oktober 2019.

Lebih penting lagi, lanjut mantan gelandang timnas itu, uji coba ini untuk melihat kekuatan dan karakteristik permainan tim dari kawasan Asia Timur. Sebab, Indonesia dalam kualifikasi Piala AFC U-19 tergabung di grup K bersama Korea Utara, Hongkong, dan Timor Leste.

"Timnas kita kurang lawan tim dari Asia Timur, sedangkan kita satu grup ada Korea Utara, dan Hongkong. Jadi, kami harap China bisa mewakili kekuatan tim Asia Timur," imbuhnya.

Dari hasil uji coba ini, Fakhri akan melakukan evaluasi dan akan melakukan pencoretan tiga pemain dari 26 menjadi 23 pemain yang akan dibawa.

Senada dengan Fakhri, pelatih China, Yaodong Cheng mengaku uji coba ini adalah persiapan tim untuk mempelajari tipikal permainan Asia Tenggara. Karena, China bergabung dengan Myanmar dan Singapura di grup I.

"Pertandingan besok sama seperti Indonesia karena kita satu grup dengan Myanmar dan Singapura. Sehingga kita harap Indonesia menjadi representasi tim satu grup kami," ujarnya.

Menurut Yaodong Cheng, Indonesia menjadi salah satu tim yang memiliki kualitas yang sangat baik di kelompok umur. Sehingga, ia sangat antusias untuk menyambut undangan uji coba Timnas Indonesia.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

21 Sep 2020 09:56 WIB

Kena Pinalti di Menit Terakhir, Timnas U-19 Gagal Kalahkan Qatar

Timnas

Timnas U-19 gagal kalahkan Qatar

19 Sep 2020 13:05 WIB

Ini Wonderkid Bayern Munchen yang Siap Bersinar di Masa Depan

Liga Jerman

Pemain ini kelahiran Jerman tapi besar di Inggris.

18 Sep 2020 21:03 WIB

Menang lawan Qatar, Timnas Indonesia U-19 Dipuji Ketum PSSI

Timnas

Iwan Bule berharap pemain terus bekerja keras

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...