Kecepatan Internet. (Foto: Ilustrasi: Dokumentasi)

Internet Kantor Anda Lambat? Ini Penyebabnya

ngopiTECH 16 October 2019 07:45 WIB

Bagaimana jadinya jika Anda akan mengirim email penawaran ke calon pelanggan tapi tiba-tiba internet kantor mati? Membuat sangat kesal bukan? Hal ini bisa saja terjadi walaupun kantor Anda menggunakan dedicated internet dan bandwidth yang digunakan besar.

Apa yang sebenarnya penyebab internet kantor Anda lambat, bahkan mati? Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan internet antara lain:

Pemakaian Internet yang tinggi
Salah satu penyebab kinerja internet menurun adalah pemakaian internet yang tinggi secara bersamaan. Atau adanya internet user yang melakukan download file yang besar sehingga menyedot sebagian besar bandwidth internet kantor Anda.

Jika kejadian ini sering terjadi, Anda bisa menerapkan limitasi bandwidth berdasarkan waktu atau berdasarkan user yang digunakan. Sehingga bandwidth terbagi secara merata.

Kerusakan Perangkat
Internet bekerja maksimal jika didukung dengan perangkat yang maksimal pula. Kabel, antena radio, gateway, konektor, access point dan perangkat pendukung lainnya harus dalam keadaan baik. Jika salah satu saja diantara perangkat itu mengalami kerusakan, maka akan berpengaruh pada internet yang bisnis Anda gunakan.

Penempatan Perangkat Wifi Kurang Tepat
Jika menggunakan wifi, pastikan penempatan access point dapat menjangkau para penggunanya secara maksimal. Sehingga sinyal wifi dapat diterima dengan baik di gadget pemakainya.

Pengaturan Gateway
Salah satu perangkat yang perlu diatur dengan baik adalah gateway. Maksimalkan kinerja perangkat gateway dengan penerapan firewall untuk menghindari penggunaan yang tidak terotorisasi yang dapat merugikan internet kantor Anda.

Virus dan Malware   
Faktor yang seringkali tidak disadari sebuah perusahaan yang kinerja internetnya menurun adalah virus dan malware. Virus dan malware ini biasanya melakukan download dari server lain yang mengakibatkan bandwidth kantor Anda penuh. Jadi untuk menghindarinya, gunakan antivirus yang selalu up to date.

Interferensi pada Jaringan
Jika kantor Anda menggunakan wireless internet, pastikan frekuensi yang digunakan tidak bersinggungan atau interferensi dengan frekuensi internet provider lain. Karena hal ini bisa menjadi penyebab menurunnya performa internet kantor Anda.

Hal paling penting dalam memastikan koneksi internet yang kantor Anda gunakan adalah memilih internet provider berkualitas. Salah satunya adalah D~NET.

D~NET menawarkan solusi layanan terbaik di kelasnya. Dengan dukungan 24/7 Technical Support, D~NET meminimalisir gangguan seperti interferensi jaringan di atas. Selain itu, dukungan Customer Relationship Management, Monitoring System handal serta berbagai fasilitas unggulan lainnya, D~NET memberikan kualitas terbaik untuk mendukung bisnis Anda. Kunjungi dnetprovider.id untuk chat konsultasi.

Penulis : D~NET

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.