Internet Broadband vs Dedicated, Pilih Mana?

17 Jul 2019 16:57 ngopiTECH by D~NET

Saat ini internet sudah menjadi kebutuhan pokok dalam hampir semua lini bisnis, baik finansial, perdagangan, manufaktur, jasa dan sebagainya.

Ada dua jenis koneksi internet yang umumnya ditawarkan provider internet, yaitu broadband internet dan dan dedicated internet.

Apa sih perbedaan internet Broadband dan Dedicated?

Koneksi internet broadband biasa kita kenal dengan koneksi internet dengan sistem sharing bandwidth, kecepatan yang didapat biasanya tidak selalu konstan.

Mengapa demikian? Hal ini disebabkan bandwidth yang didistribusikan digunakan bersamaan dengan pelanggan lain. Biasanya koneksi internet ini menggunakan istilah "up to", "burstable" dan "kecepatan hingga".

Contohnya jika Anda berlangganan internet broadband 20 Mbps, bandwidth yang anda terima belum tentu sebesar 20 Mbps. Bisa jadi Anda mendapatkan download maksimal 15 Mbps. Hasil yang berbeda juga bisa didapat jika Anda mencobanya di waktu yang berbeda.

Kondisi berbeda jika Anda menggunakan koneksi internet Dedicated. Dua hal utama yang membedakan koneksi internet dedicated dengan broadband, yaitu:

  1. Rasio Bandwidth 1:1
    Koneksi internet dedicated memberikan jaminan bahwa anda akan selalu mendapatkan bandwidth sesuai besar paket berlangganan Anda. Misalkan Anda berlangganan internet 10 Mbps, maka ketika digunakan bandwidth internet yang Anda dapatkan sama, yaitu 10 Mbps

  2. Bandwidth Simetris
    Internet dedicated memiliki bandwidth simetris yang menjamin kecepatan saat upload dan download sama sesuai dengan paket berlangganan. Contohnya ketika Anda berlangganan internet dedicated 10 Mbps, maka ketika Anda melakukan upload dan download, Anda mendapatkan bandwidth sebesar 10 Mbps.

Nah, sekarang sudah tahu bukan perbedaan internet broadband dan dedicated. Internet broadband lebih cocok digunakan untuk penggunaan internet dengan intensitas tidak terlalu tinggi. Seperti penggunaan pada internet rumah, apartment, villa atau SOHO (Small Office Home Office). Sebaliknya, jika internet yang Anda gunakan untuk kegiatan bisnis yang membutuhkan kestabilan, ada baiknya Anda menggunakan internet dedicated.