Instagram Luna Maya Diretas Hacker Turki

11 Nov 2019 00:45 Gosip Artis

Akun Instagram milik Luna Maya sempat diretas oleh hacker yang mengaku berasal dari Turki. Nama akun yang memiliki 23,6 followers itu berganti menjadi MORPHUX WMA. Beberapa menit kemudian berganti jadi Neslim G1/4ngen.

"Neslim Gungen Guzellesmekse Gayen Adresin Neslun Gungen @cosmones_medikal @striort_turkey MERKEZ Istambul Subeler Izmir Ankara Kayseri," begitu isu profil di Instagram Luna Maya,

Bahkan, hacker itu juga mengunggah video yang memberitahukan soal aksinya.
"Account hacked by WMA Club, you will see the power of the Turkish nation (Akun dibajak oleh WMA Club. Kamu akan melihat kekuatan bangsa Turki)," tulis peretas tersebut di Instagram Luna, Minggu 10 November 2019 sore.

Di luar ini, sang peretas juga meninggalkan beberapa jejak lain di Instagram Stories Luna Maya. Yakni, ajakan untuk mengajak warganet mem-follow sejumlah akun.

Selain itu, dalam keterangan video di unggahan sang peretas, di-mention pula sejumlah nama akun yakni @wmaclubicraat @theadiges @falcondeizyofficiall @dangerofficialx.

Akun @falcondeizyofficiall memiliki tiga unggahan, tapi berada dalam kondisi terkunci. Sementara tiga akun lainnya hanya punya satu atau dua unggahan.

Belum ada keterangan langsung dari Luna perihal akunya yang diretas. Pantauan terbaru, bio pada akun Luna Maya sudah dihapus.

Insiden tak menyenangkan ini dihadapi Luna Maya pada hari bahagianya. Sekitar dua jam sebelum peretas mengambil alih akunnya, Luna Maya mengucapkan selamat ulang tahun untuk kakak lelakinya, surfer Tipi Jabrik.

Netizen dan penggemar Luna Maya tak tinggal diam. Mereka memprotes insiden ini lewat kolom komentar di akun Luna Maya, maupun di sejumlah akun yang disebutkan sang peretas.

Instagram merupakan sasaran empuk bagi para hacker. Namun, jangan khawatir, sekarang Instagram menawarkan fitur terbarunya guna membantu penggunanya mengembalikan akun yang di-hack.

Instagram memperkenalkan fitur terbarunya untuk mengembalikan akun yang kena hack.
Pertama, pengguna Instagram berulang kali memasukkan password yang salah.

Kedua, pengguna memilih menu 'masalah login' pada halaman 'lupa kata sandi'. Instagram akan mengirimkan enam angka kode lewat kontak pribadi, email, atau nomor telepon yang sebelumnya sudah tercantum.

Selanjutnya, pengguna memasukkan nomor kode yang tadi sudah dikirimkan. Kemudian verifikasi kembali melalui email atau nomor telepon yang terhubung dengan akun Instagram tersebut.

"Melalui fitur baru ini, pengguna dapat memulihkan aku Instagramnya. Mulai dari nama akun atau kontak informasi yang telah diubah oleh peretas," ujar pihak Instagram.

Hubungkan Instagram dengan Facebook Anda. Jika akun Instagram diretas, pengguna bisa masuk menggunakan Facebook dan bisa memulihkan akun Instagramnya.

Sementara itu, akun Instagram yang sudah verified centang biru akan lebih susah untuk di-hack. Sehingga lebih mudah jika mengamankan akun yang sudah terverifikasi.

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini