Ilustrasi penggunaan masker untuk menghindari wabah virus corona. (Grafis: Fa Vidhi)

Instagram Alihkan #coronavirus ke WHO

Teknologi dan Inovasi 13 February 2020 18:00 WIB

Media sosial Instagram berupaya mencegah penyebaran informasi palsu atau hoaks mengenai virus corona atau Covid-19. Anak perusahaan Facebook itu mengarahkan pengguna ke situs web WHO ketika pengguna mencari hashtag atau tagar #viruskorona, dilansir dari BuzzFeed News.

Saat pengguna mengklik tagar #viruskorona, Instagram menampilkan pemberitahuan berbahasa Inggris yang memerintahkan pengguna mengunjungi situs who.int untuk informasi resmi terkait virus korona.

"Ketika orang mengetuk tagar terkait di Instagram, kami akan memunculkan pop-up edukasi dengan informasi yang kredibel," kata Facebook, perusahaan induk Instagram.

Banyak postingan berisi berita hoaks mengenai virus korona yang telah menyebar di banyak media sosial. Untuk itu, Instagram berusaha memberantas informasi palsu pada platformnya.

Instagram secara resmi menerapkan pembaruan ini sejak Minggu, 9 Februari 2020, setelah perusahaan induknya, Facebook pertama kali mengumumkan rencana untuk memerangi berita hoaks tentang virus corona.

Sementara itu, China tengah mengembangkan alat yang bisa mendeteksi virus corona secara instan. Disebutkan kalau alat tersebut bisa mendeteksi virus tersebut dalam 8-15 menit saja. Saat ini mesin tersebut tengah dalam proses produksi massal yang bisa digunakan oleh 4.000 orang dalam sehari.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

31 Mar 2020 19:46 WIB

5 Arahan Presiden Terkait Fenomena Mudik saat Wabah Corona

Nasional

Wabah corona malah terjadi percepatan mudik ke kampung halaman.

31 Mar 2020 19:34 WIB

Khofifah Minta Dinkes Cepat Lakukan Rapid Test Covid-19

Jawa Timur

Rapid test yang dibagikan akan digunakan untuk tes secara massal.

31 Mar 2020 19:26 WIB

Cegah Covid-19, Banser Semprot Disinfektan di Rumah Ibadah

Nasional

Putus mata rantai penyebaran Virus Corona

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.