Badan pesawat Libyan Airlines yang terkena serangan rudal dari pasukan pemberontak pimpinan Khalifa Haftar. (Foto: Arabnews)

Innalillahi, Jemaah Haji di Libya Diserang Rudal

Internasional 02 September 2019 08:50 WIB

Serangan rudal pasukan pemberontak pimpinan Khalifa Haftar mengenai pesawat rombongan haji, Libyan Airlines.

Pesawat yang mengangkut para jemaah haji itu baru saja mendarat di Bandara Mitiga di Kota Tripoli, Libya, pada Minggu 1 September 2019.

Serangan tersebut melukai 4 orang sipil dari rombongan jemaah haji, yang baru tiba dari dari Makkah, Arab Saudi.

Juru Bicara Pemerintahan Bidang Kesehatan Libya Wedad Abu Niran merinci dari seluruh korban luka, tiga di antaranya merupakan perempuan.

Direktur Bandara Mitiga Lotfi al-Tabib mengatakan, serangan rudal menyasar bagian landasan pacu. Serpihan rudal kemudian mengenai badan pesawat Libyan Airlines yang mengangkut para jemaah haji.

“Serangan itu bertepatan dengan kedatangan pesawat Libya yang membawa jemaah kembali dari Makkah di Arab Saudi,” kata Lotfi dilansir Arabnews, Senin 2 September 2019.

Akibat insiden ini, bandara tersebut untuk sementara tak dapat beroperasi hingga hari ini.
Wedad mengungkapkan, landasan pacu rusak parah sehingga sejumlah penerbangan akan dialihkan ke Israta, 200 kilometer (125 mil) timur Tripoli.

"Penerbangan telah ditangguhkan sampai pemberitahuan lebih lanjut,” ujar Wedad.

Serangan tersebut juga mendapat kecaman pasukan keamanan PBB UNSMIL untuk Libya. Para penyelidik UNSMIL akan melakukan tur ke Mitiga guna menginvestigasi detail perkara.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...