Ilustrasi (Foto: google)

Ini Yang Harus Diperhatikan, Saat Memakai Softlens

RS Mata Undaan 03 July 2019 09:42 WIB

Pemakaian softlens memang menjadi kegemaran bagi sebagian wanita baik untuk kebutuhan penampilan atau memang digunakan untuk menggantikan kacamata. Pemakaian softlens yang salah dan tak tepat akan menyebabkan iritasi pada mata. Maka dari itu, sebelum memutuskan memakai softlens, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter spesialis mata.

Bagi Anda yang sudah menggunakan softlens, dr. Noviana Kurniasari Vivin, Sp.M spesialis mata dari Rumah Sakit Mata Undaan (RSMU) Surabaya memberikan tips yang harus diperhatikan dalam penggunaan softlens.

Seperti apa tipsnya, berikut ulasanya:

1. Jaga Kebersihan

Pertama yang harus dilakukan sebelum memegang softlens, jaga kebersihan tangan. Sebaiknya kuku juga tidak panjang. Sebelum dan sesudah memakai softlens usahaka selalu mencuci tangan.

"Selain kebersihan tangan, bersihkan juga wadah softlens sesering mungkin, ganti cairannya juga. Ini bisa jadi media kuman kalau kebersihan tidak dijaga," papar dokter sub spesialis vitrioretina ini.

2. Gunakan Tetes Mata Softlens 

"Rutin meneteskan tetes mata, air mata buatan atau pelembab mata, yang khusus digunakan untuk softlens sesering mungkin. Tujuannya agar kornea mata tidak kering dan lecet akibat gesekan softlens," ucap dr. Noviana Kurniasari Vivin.

3. Ganti Softlens sebelum Kadaluarsa 

Tanggal kadaluarsa softlens juga harus diperhatikan. Jangan sampai softlens yang kadaluarsa tetap dipakai karena dapat menyebabkan iritasi pada mata apabila memaksa digunakan. 

"Sebaiknya ganti softlens yang baru, sebelum kadaluarsa tiba. Mungkin sebaiknya setengah umur softlens aslinya. Misal softlens yang bisa dipakai enam bulan, dipakainya tiga bulan saja," kata Vivin. 

Vivin juga mengimbau, jangan pernah memakai softlens ketika tidur. Saat tidur softlens jadi wajib dilepas. 

Memeriksakan mata untuk mencegah terjadinya iritasi mata penting dilakukan. RSMU dapat menjadi pilihan untuk memeriksakan kesehatan mata Anda. 

Penulis : Pita Sari

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

31 Mar 2020 05:30 WIB

Tukang Insinyur Pimpin Perhimpunan

RS Mata Undaan

Ir Doelatif menjadi bagian penting perkembangan RSMU saat ini.

29 Mar 2020 00:04 WIB

Awas Virus Corona Bisa Masuk Lewat Mata, Begini Mencegahnya

Nasional

Mata bisa menjadi pintu masuk virus Corona ke tubuh kita. Hati-hati!

26 Mar 2020 14:12 WIB

Demi RSMU, Mundur dari Dosen di Usia Muda

RS Mata Undaan

Ini kisah dokter yang berjuang untuk membesarkan RS Mata Undaan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.