Ini yang Harus Diperhatikan Agar Anak Tumbuh Sehat dan Bahagia

21 Sep 2019 12:25 Kesehatan

Seribu hari pertama merupakan masa keemasan bagi seorang anak untuk berkembang. Anak yang tumbuh sehat dan bahagia, akan mampu berpikir lebih positif ketika ia dewasa. Hal ini disampaikan psikolog anak, Elizabeth Santosa MPsi Psi SFP ACC.

"Seribu hari pertama anak merupakan masa emas, karena saat itu otak berkembang secara cepat dan kompleks," ucap dokter yang biasa disapa Elizabeth ini.

Menurut dia, agar pada masa itu anak dapat tumbuh sehat dan bahagia, maka penting menjaga kesehatan, khususnya saluran cerna.

"Agar saluran cerna dapat berkembang dengan baik, orang tua harus memberikan makanan bergizi seimbang dan mengandung probiotik pada anak," ungkapnya.

Probiotik yang dibutuhkan anak agar pencernaanya berjalan baik, yaitu
Lactobacillus Reuteri. Elizabeth menyebut, Probiotik ini didapatkan dari susu atau makanan dan fermentasi, contohnya tahu, tempe, yoghurt, dan kombucha.

Sedangkan kematangan emosi dan kebahagiakan anak, lanjut Elizabeth, bisa dilatih dan dimunculkan dengan mempraktekkan perilaku-perilaku yang positif.

Misalnya, Elizabeth mencontohkan, orangtua sebaiknya sering mengajak anak bercanda, tertawa, atau melatihnya mengekspresikan hal yang positif. 

"Orangtua juga sebaiknya menghabiskan waktu lebih banyak bersama anaknya, misalnya mendengarkan dan bermain bersama anak. Jangan terlalu banyak main gadget sendiri-sendiri," pesan dia. 

Anak yang sejak kecil diajarakan untuk mengontrol emosi dan diajarkan hidup bahagia, akan memiliki kesadaran diri yang lebih baik.

Selain hal di atas, manfaat lain melatih emosi anak sejak dini ialah anak akan lebih bisa memanajemen diri lebih baik, memiliki kemampuan sosial, dan mengambil keputusan yang lebih baik. 

"Bila sudah terbentuk karakter demikian pada anak, anak akan mendapat keberhasilan pendidikan, kesuksesan karir. Yang penting harus diingat orangtua ialah anak yang bahagia pasti ia akan sukses, tapi anak yang sukses belum tentu bahagia," pungkas Elizabeth.

Penulis : Pita Sari
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini