Komisioner KPU Surabaya, Subairi menjelaskan protokol kesehatan selama tahapan Pemilu. (Foto: Fariz Yarbo/Ngopibareng.id)
Komisioner KPU Surabaya, Subairi menjelaskan protokol kesehatan selama tahapan Pemilu. (Foto: Fariz Yarbo/Ngopibareng.id)

Ini Upaya KPU Surabaya Amankan Pemilu Dari Covid-19

Ngopibareng.id Rek, Ojok Angel Tuturane 09 October 2020 17:36 WIB

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya telah menyiapkan segala protokol kesehatan yang diterapkan di seluruh tahapan kegiatan Pemilihan Walikota (Pilwali) Surabaya 2020 ini.

Komisioner KPU Surabaya Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM), Subairi mengatakan, Pemilu kali ini telah diikat dengan Peraturan KPU Nomor 13 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Serentak Lanjutan Dalam Kondisi Bencana Non Alam Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19.

“Semua tahapan yang dilakukan KPU secara otomatis sesuai prosedur penanganan Covid-19,” ungkap Subairi ketika ditemui di Kantor KPU Surabaya, Jalan Adityawarman, Surabaya, Jumat 9 Oktober 2020.

Bairi menjelaskan, penerapan protokol kesehatan yang wajib diikuti oleh para pegawai KPU Surabaya dan juga petugas PPK, PPS, PPDP, KPPS, pasangan calon, dan peserta kampanye berupa 3M, yakni wajib memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

“Sebuah konsekuensi logis tentunya, ini harus kita jalani dengan pemenuhan protokol kesehatan. Harus pakai masker, harus pakai hand sanitizer atau cuci tangan dan menjaga jarak,” ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya juga telah memfasilitasi petugas PPK, PPS dengan alat pelindung diri. Sehingga, selama proses dilaksanakan tidak terjadi penularan Covid-19.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Mar 2021 11:26 WIB

Tanpa Proposal, Nenek Lansia Ini Sanggup Kelola Pondok Lansia

Feature

Banyak suka dan duka, tapi Hindayah merasa banyak bahagianya.

09 Mar 2021 11:10 WIB

Grup A Piala Menpora, Arema FC Tak Ingin Remehkan Tim Lawan

Liga Indonesia

Arema nilai kemampuan semua tim lawan merata.

09 Mar 2021 10:45 WIB

5 Kesenangan Saat Kunjungi Mall, Ini yang Wajib Kamu Coba

Ciputra World Surabaya

Banyak kesenangan bisa didapat di mall. Bukan hanya kesenangan berbelanja.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...