Ini Tips Jaga Kondisi Saat Berpuasa dari Kiper Persebaya

06 May 2019 14:31 Liga Indonesia

Memasuki bulan Ramadan tak memuat semangat para pesepakbola menurun dalam menjalankan aktifitasnya, yakni latihan dan bertanding. Sebab bagi mereka hal itu sudah jadi kebiasaan sehari-hari.

Namun, dibalik itu, setiap para pemain sepakbola pasti memiliki tips untuk menjaga kondisi fisiknya agar tetap bugar salama menjalankan ibadah puasa.

Salah satu kiper Persebaya, Abdul Rohim pun memberikan tips menjaga kondisi fisiknya agar performanya tidak menurun selama puasa.

"Tentunya selama bulan puasa ini kita sangat perlu menjaga kondisi kita agar tetap bugar dan performa pun tidak turun. Karena selama puasa kami juga memiliki pertandingan dan jadwal latihan setiap sore," kata Rohim, yang juga sabagai prajurit TNI ini.

Berikut 5 tips menjaga kondisi fisik dan performa selama bulam puasa:

1. Banyak minum air putih, buah, dan makan-makanan bergizi, baik saat sahur maupun berbuka puasa.

2. Jika dibutuhkan ada baiknya minum multivitamin untuk jaga kondisi, itu bisa dilakukan saat sahur.

3. Jangan begadang atau tidur terlalu malam karena biasanya di bulan puasa, umat Muslim menjalankan ibadah Tarawih dan tadarus di masjid. Meski demikian, alangkah baiknya tidur yang cukup agar fisik tetap terjaga usai menjalankan ibadah sunnah.

4. Tetap harus latihan, ini bisa dilakukan pada sore hari. Beruntungnya Persebaya selama bulan puasa akan latihan pada setiap sore.

5. Di luar latihan bersama pelatih, mungkin setelah tarawih bisa menyempatkan latihan ringan entah itu gym atau olahraga ringan lainnya. (hrs)

Penulis : Haris Dwi
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini