Walikota Malang, Sutiaji saat memimpin Rakor Pemulihan Ekonomi bersama Organisasi Perangkat Daerah di Balai Kota Malang (Foto: istimewa)

Jurus Pemkot Malang Perbaiki Ekonomi Lewat APBD

Pemerintahan 03 August 2020 16:30 WIB

Pemerintah Kota (Pemkot) Malang saat ini sedang fokus memulihkan kondisi perekonomian yang sempat lesu akibat pandemi Covid-19. Salah satu strategi yang diterapkan yakni dengan menginstruksikan tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada, untuk memaksimalkan serapan anggaran belanja.

"Ketika melakukan akselerasi program kegiatan dan menggelontorkan anggaran belanja, maka secara otomatis akan terjadi multiplier effeck maupun trickle down effect di masyarakat," terang Walikota Malang, Sutiaji pada Senin 3 Agustus 2020.

Dengan menggelontorkan dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), Sutiaji berharap dapat menstimulus pertumbuhan ekonomi di Kota Malang. "Saya meminta perangkat daerah untuk memanfaatkan betul-betul anggaran yang ada. Serapan anggaran akan dikuatkan. Sehingga, pertumbuhan ekonomi di Kota Malang berjalan dengan baik," katanya.

Untuk pemulihan ekonomi tersebut, Sutiaji menjelaskan salah satu sektor yang dapat dimaksimalkan, yakni bisnis makanan berbasis online. "Salah satu yang bisa dijadikan entry point adalah potensi sektor pengolahan makanan berbasis online yang terus menunjukkan pertumbuhan yang positif," ujarnya.

Selain itu, Sutiaji menilai program ekonomi padat karya juga bisa menjadi salah satu kegiatan yang dapat memulihkan kondisi ekonomi Kota Malang. "Kegiatan padat karya kita perkuat. Kemudian, akan didongkrak juga dengan ekonomi kreatif," ujarnya.

Untuk diketahui, pagu APBD 2020 sebesar Rp2,3 triliun dengan realisasi sebesar Rp962,8 miliar atau baru terserap sebesar 37,29 persen dari pagu. Sutiaji menargetkan penyusunan APBD Perubahan rampung pada Agustus 2020 ini, agar dapat terealisasi pada September 2020 nanti.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Oct 2020 09:28 WIB

Joy Tobing Positif Covid-19, Kehilangan Indra Penciuman

Selebriti

Joy Tobing positif Covid-19, gejalanya mulai dari demam, batuk, dan flu.

01 Oct 2020 09:10 WIB

Anas Urbaningrum Dapat Potongan Hukuman Selama 6 Tahun

Hukum

Pidana Anas Urbaningrum turun dari 14 menjadi 8 tahun.

01 Oct 2020 08:14 WIB

Debat Kepribadian

Dahlan Iskan

Pilpres AS memasuki masa debat calon pilpres. Siapa yang menang?

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...