Modus Unik, Janda Merampok Lalu Bersembunyi di Kamar Korban

09 Nov 2019 06:30 Kriminalitas

Skenario perampokan yang dilakukan Hartatik, 50 tahun, kepada tetangganya cukup unik. Perempuan berstatus janda ini kabur dan bersembunyi di dalam kamar rumah korban bukan tanpa alasan.

Dia berencana membuka penutup wajah dan jaket yang dipakainya di dalam kamar tersebut. Kemudian membaur dengan warga yang datang menolong korban.

Awalnya, warga Dusun Pancoran, Desa Karangbendo, Kecamatan Rogojampi ini datang ke rumah korban Tohaya, 43 tahun, dengan mengenakan jaket berwarna biru. Setelah berpura-pura hendak meminjam sepeda motor milik korban tersangka pulang ke rumahnya.

"Kemudian tersangka pulang ke rumahnya lalu mengenakan jaket rangkap. Awalnya mengenakan jaket warna hitam kemudian pulang mengenakan jaket warna biru," kata Kapolsek Rogojampi Kompol Agung Setya Budi, Jumat 8 November 2019.

Selain itu, tersangka mengambil penutup wajah warna coklat, sepasang sarung tangan warna abu-abu, sepasang kaos kaki warna krem. Setelah itu, dia berangkat menuju rumah korban. Peralatan pendukung ini baru dipakai saat tersangka sudah masuk ke dalam rumah korban.

Setelah mencekik dan mengambil sebagian kalung milik korban. Tersangka lari meninggalkan korbannya. Anehnya, dia justru menuju ke salah satu kamar milik korban. Ternyata ini memang bagian dari skenario yang direncanakan tersangka.

"Tersangka lari dan masuk ke kamar rumah korban dan dikunci dari dalam," kata Polisi yang pernah menjabat sebagai Kapolsek Cluring ini.

Saat berada di dalam kamar tersebut, tersangka melepas jaket hitam sedangkan jaket biru tetap pakai. Kemudian tersangka meletakkan jaket hitam pada gantungan baju yang ada dalam kamar. Dia juga meletakkan sebagian kalung korban yang berhasil diambil ke dalam saku jaket tersebut.

Setelah meletakkan jaket warna hitam di gantungan baju, rencananya tersangka akan melepas sebo, sarung tangan dan kaos kaki. Kemudian dia akan membaur bersama warga lainnya berpura-pura datang menolong korban.

Namun sayang, sebelum rencananya berjalan, polisi dan warga lebih dulu datang ke rumah korban yang memergoki aksi tersangka. Polisi bersama warga kemudian mendobrak pintu kamar tempatnya bersembunyi.

"Bersama warga, kamar tempat tersangka bersembunyi didobrak. Tersangka ditemukan di balik pintu dalam kondisi masih mengenakan sebo. Untuk keamanan, tersangka kemudian dibawa ke Polsek Rogojampi," katanya.

Penulis : Muh Hujaini
Editor : Witanto


Bagikan artikel ini