​​​​​​​Sepeda merk Buggati : Tidak hanya menghasilkan kendaraan mewah dan cepat, Buggati juga ikut meramaikan dunia balap sepeda. Sepeda dari Buggati diklaim menjadi sepeda yang paling ringan dan juga cepat. (Foto:Antara/Bikeradar)

Ini Sepeda Merk; Mercedes Benz, Ferrari, Lamborghini, dan Buggati

Ekonomi dan Bisnis 14 July 2020 15:04 WIB

Pandemi COVID-19 di seluruh dunia memunculkan kegiatan baru di luar rumah. Bersepeda. Kegiatan ini kini jadi tren di hampir semua negara.

Hal itu memancing produsen kendaraan mewah juga ikut meramaikan merek sepeda di dunia dengan harga yang menakjubkan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut daftar enam produsen kendaraan mewah yang memproduksi sepeda:

Sepeda Mercedes Benz FotoAntaramercedesbenzcomSepeda Mercedes Benz (Foto:Antaramercedes-benz.com)

Mercedes-Benz

Produsen kendaraan mewah asal Jerman, Mercedes-Benz ikut meramaikan produsen kendaraan yang memproduksi sepeda. Mercedes-Benz dalam hal pembuatan sepeda ini bekerja sama dengan Argon 18 yang berasal dari Canada.

Kiprah Argon 18 sendiri sudah tidak diragukan lagi, Argon 18 hadir sejak 1989 di Montreal, Quebec. Nama itu berasal dari elemen Argon, yang merupakan nomor 18 pada tabel periodik elemen.

Mercedes-Benz mempercayai Argon 18 karena kiprah di dunia sepeda sudah sejak lama dan seluruh sepedanya sudah didistribusikan ke lebih 70 negara. Dalam pembuatan ini, sepeda Mercedes Benz menggunakan material yang super ringan, yakni karbon.

Sepeda mewah keluaran Cupra FotoWWVortexSepeda mewah keluaran Cupra. (Foto:WWVortex)

Cupra

Pada 2018 yang lalu, Cupra juga telah menghadirkan sepeda buatannya yang berkolaborasi dengan Fabike. Cupra merakit sepeda ini menggunakan lebih dari 100 bagian berbeda.

Dengan hadirnya 100 bagian yang berbeda, konsumen membutuhkan waktu kurang lebih empat jam untuk merakit sepeda itu seutuhnya. Setelah sepeda selesai, diyakini oleh Cupra, konsumen akan mendapatkan gaya khas bersepeda ala Cupra

Sepeda ini dibuat dengan menggunakan frame serat karbon, setang kompetisi, rem cakram hidrolik dan rem transmisi kecepatan tunggal.

Sepeda balap dari Ferrari Foto AntaraPinterestSepeda balap dari Ferrari (Foto: Antara/Pinterest)

Ferrari

Produsen kendaraan supercar, Ferrari juga ikut meramaikan merek sepeda di dunia dengan julukan SF01 Limited Edition Giallo Modena yang hanya diproduksi sebanyak 120 unit.

Berasal dari negara yang sama, yakni Italia, Ferrari mempercayai Bianchi yang sudah memiliki pengalaman untuk dunia sepeda. SF01 Limited Edition Giallo Modena ini dibuat dengan menggunakan bahan serat karbon dengan berat hanya 780 gram.

Sepeda ini hanya tersedia di Scuderia Ferrari Online Store. Sejarahnya, sepeda ini diproduksi untuk memperingati Enzo Ferrari, pendiri tim balap Scuderia Ferrari yang menjadi tonggak sejarah Ferrari.

Sepeda SF01 Limited Edition Giallo Modena dibanderol dengan harga Rp272 juta.

Sepeda Lamborghini FotoAntaraBMCSepeda Lamborghini (Foto:Antara/BMC)

​​​​​​​Lamborghini

Tidak ingin tertinggal dari rekan sesama negaranya, produsen supercar berlambang Banteng itu sudah lebih dahulu membuat sepeda. Hal itu terlihat pada ajang Frankfurt Motor Show 1979, Automobili Lamborghini SpA pernah meluncurkan sepeda.

Kendati demikian, sepeda Lamborghini tidak dikerjakan di Italia, melainkan di Jerman yang dipercayai oleh Lamborghini Bike International.

Lamborghini ini diproduksi berdasarkan pesanan. Namun, pihaknya tetap membatasi produksinya hanya 500 unit secara global.

Sepeda Buggati FotoAntaraBikeradarSepeda Buggati (Foto:Antara/Bikeradar)

Aston Martin

Pabrikan mobil mewah Inggris, Aston Martin menugaskan pendiri Storck Bicycles, Markus Storck untuk membantu mengembangkan serangkaian mobil Aston Martin yang menyoroti serat karbon.

Selama kolaborasi itu, kedua perusahaan memutuskan untuk bergabung mengembangkan proyek sepeda khusus. Sepeda yang dijuluki dengan Fascenario.3 Aston Martin ini hadir dengan jumlah yang hanya 107 unit.

Seperti yang sudah diduga, sepeda yang langka dan mewah ini tentu tidak akan murah. Harga dari sepeda ini berkisar 15.777 (setara dengan Rp259 juta) itu pun jika konsumen cukup beruntung untuk membeli salah satu dari 107 yang tersedia.

Dengan harga tersebut, Aston Martin membangun sepeda ini dengan bahan serat karbon yang memiliki kekuatan yang tidak diragukan, bobotnya yang rendah, dan kemampuan menyetel tumpangan.

Aerodinamika juga memainkan peran besar bagi kedua mesin. Menghaluskan aliran udara dari depan ke belakang adalah sesuatu yang ingin diketahui oleh sepeda dan mobil. Untuk tujuan ini, garpu pada Storck tampak membungkuk untuk mengurangi drag aero.

Penulis : M. Anis

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

20 Sep 2020 18:20 WIB

Wapres Bicara Soal K-Pop

Nasional

Wapres Ma'ruf Amin berharap K-Pop mendorong anak-anak muda Indonesia

20 Sep 2020 18:16 WIB

Satpol PP Pemkab Banyumas Dilarang Pakai Masker Scuba

Nasional

Dilarang pakai masker scuba di lingkungan Satpol PP Pemkab Banyumas.

20 Sep 2020 18:09 WIB

Mendikbud: Sejarah Adalah Tulang Punggung Identitas Bangsa

Nasional

Mendikbud pelajaran sejarah akan dihapuskan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...