Sejumlah anak kecil asyik mengikuti lomba tangkap ikan lele di Dusun Laban, Desa Bendet, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Senin 17 Agustus 2020. (Foto: M.Rizqi/Ngopibareng.id)

Potret Keseruan Lomba Agustusan di Jombang

Ngopi Foto 17 August 2020 22:20 WIB

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia jatuh pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya. Berbeda dengan tahun sebelumnya, peringatan kemerdekaan kali ini dirayakan di tengah pandemi Covid-19.

Masyarakat biasanya menyambut kemerdekaan dengan menggelar lomba Agustusan. Namun, tahun ini banyak daerah di Indonesia yang diimbau agar tidak menyelenggarkaan lomba. Kendati demikian, di Jombang masih ada warga kampung yang menjaga tradisi lomba. Salah satunya warga Dusun Laban, Desa Bendet, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang. Berikut potret kemeriahannya. 

 

Empat ibuibu tampak berhatihati saat menyangga tempeh di atas kepala mereka Para ibu ini ada yang memakai daster namun ada juga yang pakai kaos dipadu celana panjang Foto MRizqiNgopibarengidEmpat ibu-ibu tampak berhati-hati saat menyangga tempeh di atas kepala mereka. Para ibu ini ada yang memakai daster, namun ada juga yang pakai kaos dipadu celana panjang. (Foto: M.Rizqi/Ngopibareng.id))
Kedua pembawa acara lomba Agustusan bertanya soal Pancasila ke salah satu anak Tanpa mengenakan masker mereka tampak santai saat menunggu jawaban anak berbaju hijau itu Foto MRizqiNgopibarengidKedua pembawa acara lomba Agustusan bertanya soal Pancasila ke salah satu anak. Tanpa mengenakan masker, mereka tampak santai saat menunggu jawaban anak berbaju hijau itu. (Foto: M.Rizqi/Ngopibareng.id)
Kelima anak kecil lakilaki antusias menangkap ikan lele di kolam buatan warga Mereka berusaha menangkap ikan lele dengan cepat agar menjadi juara Foto MRizqiNgopibarengidKelima anak kecil laki-laki antusias menangkap ikan lele di kolam buatan warga. Mereka berusaha menangkap ikan lele dengan cepat agar menjadi juara. (Foto: M.Rizqi/Ngopibareng.id)
Sejumlah anak kecil membanjiri kolam ikan lele buatan yang digunakan sebagai arena lomba Mereka tampak berdesakan dan sikutsikutan beromba tangkap ikan Foto MRizqiNgopibarengidSejumlah anak kecil membanjiri kolam ikan lele buatan yang digunakan sebagai arena lomba. Mereka tampak berdesakan dan sikut-sikutan beromba tangkap ikan. (Foto: M.Rizqi/Ngopibareng.id)
Penonton acara lomba Agustusan duduk di atas selokan Penonton ini didominasi remaja putri dan anakanak Foto MRizqiNgopibarengidPenonton acara lomba Agustusan duduk di atas selokan. Penonton ini didominasi remaja putri dan anak-anak. (Foto: M.Rizqi/Ngopibareng.id)
Hadiah yang dipersiapkan panitia lomba untuk para pemenang Kardus besar ini hanya prank Ini hanya dipajang sebagai hiasan guna menarik minat warga untuk ikut lomba Foto MRizqiNgopibarengidHadiah yang dipersiapkan panitia lomba untuk para pemenang. Kardus besar ini hanya prank. Ini hanya dipajang sebagai hiasan guna menarik minat warga untuk ikut lomba. (Foto: M.Rizqi/Ngopibareng.id)

Penulis : M. Rizqi

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Oct 2020 09:28 WIB

Joy Tobing Positif Covid-19, Kehilangan Indra Penciuman

Selebriti

Joy Tobing positif Covid-19, gejalanya mulai dari demam, batuk, dan flu.

01 Oct 2020 09:10 WIB

Anas Urbaningrum Dapat Potongan Hukuman Selama 6 Tahun

Hukum

Pidana Anas Urbaningrum turun dari 14 menjadi 8 tahun.

01 Oct 2020 08:14 WIB

Debat Kepribadian

Dahlan Iskan

Pilpres AS memasuki masa debat calon pilpres. Siapa yang menang?

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...