Pidato kemenangan hasil Pemilihan Umum Presiden 2019 di Kampung Deret, Tanah Tinggi, Jakarta, Selasa 21 Mei 2019. (Foto: ist/ngopibareng.id)

Ini Pidato Lengkap atas Kemenangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin

Politik 21 May 2019 15:45 WIB

Pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin, menyampaikan pidato kemenangan hasil Pemilihan Umum Presiden 2019 di Kampung Deret, Tanah Tinggi, Jakarta, Selasa 21 Mei 2019 siang. Tak hanya berterima kasih kepada penyelenggara pemilu, Jokowi-Amin juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia.

Ngopibareng.id berhasil merekam isi pidato kemenangan secara lengkap disampaikan Joko Widodo:

Seluruh rakyat yang kita cintai, yang saya banggakan. Kita bangsa Indonesia patut berbangga, patut berbahagia, dan patut beresyukur bahwa kita telah terbukti menjadi bangsa yang dewasa. Dewasa dalam berdemokrasi, dewasa dalam melaksanakan pemilu, dewasa dalam berbangsa dan bernegara.

Kita bersyukur kita telah dewasa dalam menjaga perdamaian, dewasa dalam mengelola perbedaan-perbedaan, dan dewasa dalam menjaga dan memperkokoh persatuan.

Bukti nyatanya adalah kebebasan kita dalam berdemokrasi. Kemampuan kita untuk menyelesaikan pemilu yang jujur dan adil serta pemilu yang penuh dengan perdamaian dan kegembiraan.

Pemilu demi pemilu telah kita lalu dengan penuh kedewasaan. Pemilu yang sekarang ini saya meyakini Insya Allah akan bisa kita lalui dengan damai sesuai dengan amanat konstitusi yang kita miliki.

Alhamdulillah puji dan syukur kita panjatkan kehadiran Allah SWT. Rekapitulasi nasional pemilu serentak 2019 pada dini hari tadi rakyat Indonesia telah menentukan pilihannya. Baik dalam pileg maupun pilpres

Inilah makna dari hakiki, hakekat rakyat berdaulat. Saya dan KH Ma’ruf Amin mengucapkan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia di mana pun berada atas kepercayaan yang diberikan kepada kami berdua.

Kepercayaan dan amanah rakyat tersebut akan kami wujudkan dalam program-program pembangunan yang adil dan merata untuk seluruh golongan dan seluruh lapisan masyarakat di seluruh pelosok tanah air indonesia

Setelah dilantik di bulan Oktober nanti kami adalah presiden dan wakil presiden seluruh rakyat Indonesia, kami adalah pemimpin dan pengayom dari 100 persen rakyat Indonesia. Kami Akan berjuang keras demi terwujudnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, bagi 100 persen rakyat Indonesia.

Marilah kita bersatu padu membangun bangsa dan tanah air tercinta, demi kedamaian, demi kesejahteraan generasi kita mendatang, generasi anak cucu kita di masa depan

Saya mengapresiasi setinggi tingginya atas kinerja penyelenggara dan pengawas pemilu, KPU dan Bawaslu, kepada tokoh masyarakat dan juga para peserta pemilu, kepada aparat keamanan TNI dan Polri, serta semua pihak termasuk para saksi yang siang dan malam bekerja dengan tulus demi pemilu yang adil dan jujur.

"Seluruh rakyat yang kita cintai, yang saya banggakan. Kita bangsa Indonesia patut berbangga, patut berbahagia, dan patut beresyukur bahwa kita telah terbukti menjadi bangsa yang dewasa. Dewasa dalam berdemokrasi, dewasa dalam melaksanakan pemilu, dewasa dalam berbangsa dan bernegara."
Jokowi dan Kiai Maruf Amin saat pengumuman hasil Pemilihan Umum Presiden 2019 berada di Kampung Deret Tanah Tinggi Jakarta Selasa 21 Mei 2019 Foto istngopibarengidJokowi dan Kiai Ma'ruf Amin saat pengumuman hasil Pemilihan Umum Presiden 2019 berada di Kampung Deret, Tanah Tinggi, Jakarta, Selasa 21 Mei 2019. (Foto: ist/ngopibareng.id)

Di Kampung Deret

Jokowi tiba di Kampung Deret sekitar pukul 12.30, disusul Ma’ruf Amin. Keduanya langsung duduk di tengah-tengah jalan sempit dan bercengkerama dengan masyarakat setempat.

Mengenakan kemeja warna putih, keduanya menyampaikan pidato kemenangan selama lebih kurang 4 menit. Jokowi memulai pidato dengan mengungkapkan rasa syukur dan bangga atas penyelenggaraan pemilu yang lancar dan damai.

Pemilu juga terlaksana dengan jujur dan adil, penuh perdamaian, serta kegembiraan. Hal itu menunjukkan bahwa rakyat dan segenap bangsa Indonesia sudah dewasa dalam berdemokrasi.

”Kita bersyukur, kita telah dewasa dalam menjaga perdamaian, dewasa dalam mengelola perbedaan, dan dewasa dalam menjaga serta memperkokoh persatuan,” kata Jokowi.

Komisi Pemilihan Umum merampungkan rekapitulasi suara nasional pada Selasa dini hari. Dari hasil penghitungan itu diketahui, Jokowi-Amin meraih suara terbanyak dengan total suara 85.607.362 suara atau 55,50 persen.

Adapun Prabowo-Sandi meraup 68.650.239 suara atau 44,50 persen. Dengan demikian, Jokowi-Amin unggul dengan selisih suara 16.957.123 suara.(adi)

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

20 Sep 2020 16:08 WIB

Ojol Curhat ke Bamsoet, Penghasilan Merosot, BLT-pun Tak Dapat

Nasional

Ojol di tengah PSSB kedua Jakarta mengeluh penghasilan turun.

20 Sep 2020 10:17 WIB

21 Ribu Kasus Covid-19 Muncul di Indonesia, 725 Meninggal Sepekan

Reportase

Sejumlah wilayah melakukan upaya berbeda.

19 Sep 2020 17:45 WIB

DKI Jakarta Kembali Jadi Provinsi Terbanyak Kasus Baru Corona

Nasional

Kasus baru corona di DKI Jakarta sebanyak 988 orang.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...