Beberapa kendaraan masuk laut saat KM Lestari Maju terdampar di perairan Selayar (3/7). Foto : BNPB
Beberapa kendaraan masuk laut saat KM Lestari Maju terdampar di perairan Selayar (3/7). Foto : BNPB

Ini Penyebab Tenggelamnya KM Lestari Maju

Ngopibareng.id Reportase 03 July 2018 16:23 WIB

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Bulukumba, Zainuddin mengatakan, cuaca buruk menjadi penyebab utama tenggelamnya KM Lestari Maju. Kapal tenggelam saat berlayar menuju Kabupaten Selayar.

"Para penumpang KM Lestari Maju yang berjumlah 139 orang saat ini sedang dalam proses evakuasi oleh kapal-kapal nelayan dan tim evakuasi dari Basarnas," kata Zainuddin dalam keterangan pers yang diterima ngopibareng.id, Selasa 3 Juli 2018.

Proses evakuasi sebenarnya juga dilakukan beberapa kapal besar. Sayangnya, kondisi laut yang dangkal menjadikan kapal besar tidak bisa mendekat.

Sementara itu, dari data yang ada, KM Lestari Maju tenggelam dengan membawa 18 kendaraan roda dua, 14 unit kendaraan roda empat, sebanyak 8 unit truk dan kendaraan besar sebanyak 8 unit.

Guna mempercepat evakuasi, KM Lestari telah dikandaskan di perairan Selayar sekitar 300 meter dari pantai Pabadilang, Selayar dan sebagian penumpang telah berhasil dievakuasi sedangkan sebagian lagi masih berada di atas kapal.

 

"Seluruh penumpang telah mengenakan jaket keselamatan (life jacket) serta telah mengikuti prosedur keselamatan di atas kapal dengan panduan dari Nakhoda dibantu kru kapal," ujarnya.(wah)

Penulis : Wahidin

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

04 Jul 2018 23:42 WIB

Satu Jenazah Korban KM Lestari Maju Adalah Warga Sidoarjo

Nasional

Salah satu korban meninggal kandasnya KM Lestari Maju di perairan Selayar, Bulukumba, Sulawesi Selatan adalah warga Perumahan Taman Alohan, Desa Suko Kecamatan Sukodono, Sidorjo, Jawa Timur.

04 Jul 2018 22:08 WIB

Peluk Korban, Menhub Sampaikan Duka Tenggelamnya KM Lestari

Reportase

Menhub sampaikan duka mendalam atas tragedi tenggelamnya KM Lestari Maju

04 Jul 2018 17:03 WIB

Korban Tewas KM Lestari Jadi 34 Orang

Reportase

KM Lestari tenggelam saat berlayar akibat cuaca buruk

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...