Liga 1 2019Ini Kunci Kemenangan Persebaya di Magelang, Versi Miswar Saputra

20 Sep 2019 21:07 Liga Indonesia

Persebaya Surabaya berhasil meraih kemenangan besar kala bertandang ke markas PSIS Semarang dengan skor 4-0, di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Jumat 20 September 2019.

Kemenangan tersebut didapat berkat penampilan solid Bajul Ijo. Terutama motivasi dari pemain anyarnya Diogo Campos yang baru tiga hari kemarin diperkenalkan.

Pemain tersebut menyumbangkan dua assist dan satu gol. Namun menurut versi penjaga gawang Persebaya, Miswar Saputra kunci kemenangan timnya sore tadi karena tekad pemain yang ingin merealisasikan keinginan pelatih mendapat poin penuh di laga tandang.

"Kalau dari saya, kami semua (pemain) sudah mengikuti arahan dari pelatih, kami bermain seperti apa yang diinginkan oleh pelatih. Itu kunci sukses kami di kandang PSIS Semarang," kata Miswar seusai pertandingan.

Selain itu, Miswar menegaskan komunikasi di lini belakang Persebaya sore tadi berjalan cukup bagus. Sehingga PSIS Semarang sulit menembus benteng terakhir dari tim Bajul Ijo.

"Ya kuncinya mungkin kami punya komunikasi lebih di barisan belakang. Jadi mereka (PSIS Semarang) sulit melakukan serangan," tambah Miswar.

Bukan hanya itu saja, kunci kemenangan yang utama adalah hadirnya Bonek di dalam stadion Moch Soebroto. Sebab di awal pertandingan yang direncanakan tanpa penonton ini akhirnya dihadiri kedua suporter tim yang bertanding.

"Kalau dari pemain lihat suporter PSIS Semarang dan Persebaya, mereka semua sangat mencintai tim ini, apapun pasti akan mereka lakukan untuk kami. Pemain juga memiliki motivasi tinggi dan mensyukuri hasil laga sore tadi," ujar Miswar.

Memang dari pertandingan tadi, terlihat ribuan suporter Persebaya (Bonek Mania) hadir di Magelang. Mereka datang untuk memberikan support kepada tim Bajul Ijo. Bahkan nyayian dari Bonek lebih dominan dibanding suara pendukung PSIS Semarang.

Miswar pun berharap di pertandingan selanjutnya menghadapi Bali United pada Selasa 24 September mendatang  bisa kembali meraih hasil bagus. Terlebih pertandingan digelar di kandang, dimana puluhan ribu Bonek Mania akan memberi dukungan pada Ruben Sanadi dkk.

"Di laga kandang nanti kami harus lebih baik, terutama soal komunikasi di lapangan. Dan harapan saya, kami bisa kembali raih poin lagi di kandang," harap pemain asal Aceh itu.

Seperti diketahui, gol kemenangan Persebaya tadi diciptakan oleh Otavio Dutra di menit ke-29 melalui sundulannya. Pemain asal Brasil ini sukses memanfaatkan umpan sepak pojok Diogo Campos.

Gol selanjutnya Persebaya dicetak oleh David da Silva di menit terakhir babak pertama. Gol tersebut lagi-lagi bermula dari umpan matang Diogo Campos.

Setelah membuat dua assist, Diogo Campos sendiri akhirnya mencatatkan namanya di papan skor setelag tendangan bebasnya pada menit ke-49 gagal dihalau Jandia Eka Putra.

Terakhir, tepatnya di menit ke-65, Persebaya memperlebar keunggulan menjadi 4-0. Osvaldo Haay mengoyak gawang PSIS untuk keempat kalinya usai memanfaatkan umpan terobosan Oktafianus Fernando. 

Penulis : Haris Dwi
Editor : Rizal A


Bagikan artikel ini