Ini Komentar Mursyid Soal Kemenangan Timnas Indonesia U-15

27 Jul 2019 22:05 Timnas

Timnas Indonesia U-15 berhasil memetik kemenangan di laga perdana Grup A Piala AFF U-15, Sabtu 27 Juli 2019. Bermain di Lapangan 1 PTT Training Field, Chonburi, Thailand, anak buah Bima Sakti mengandaskan Vietnam dengan skor 2-0.

Dua gol Timnas Indonesia U-15 dicetak oleh Muhammad Valeron di menit ke-40+1 dan sang kapten Marselino Ferdinan di menit ke-45.

Kalah dalam penguasaan bola, Timnas Indonesia U-15 justru bermain lebih efektif dibanding Vietnam yang mendominasi jalannya pertandingan 2x40 menit ini.

Anak asuh Bima Sakti sebetulnya sempat kesulitan menghadapi tekanan Vietnam. Bahkan mereka sempat dipaksa lebih banyak menahan gempuran para pemain Vietnam di 30 menit awal.

Secara peluang, Timnas Indonesia U-15 juga relatif lebih sedikit dibanding Vietnam yang memiliki sekitar tujuh peluang emas. Beruntung, Timnas memiliki I Made Putra yang tampil gemilang di bawah mistar.

Penampilan kiper utama Timnas Indonesia U-15 itu menjadi kunci kemenangan di pertandingan tersebut. Selain menggagalkan penalti, sang kiper juga beberapa kali membuat aksi penyelamatan gemilang.

Terkait penampilan Timnas Indonesia U-15 ini, pengamat sekaligus mantan pemain Persebaya Mursyid Effendi memuji penampilan Timnas di laga ini, terutama kemampuan mereka memanfaatkan peluang sekecil apa pun untuk menjadi gol.

"Padahal, secara peluang Timnas Indonesia U-15 sebetulnya kalah jauh dari Vietnam. Tapi itulah sepak bola, bermain bagus saja belum cukup, karena kemampuan memaksimalkan peluang bisa menentukan hasil akhir pertandingan. Tapi tentu kita tidak bisa terus berharap pada kiper," katanya. 

Namun Mursyid juga memberikan catatan bagi Timnas Indonesia U-15 di laga ini. Menurutnya, masih banyak pekerjaan rumah yang harus diperbaiki oleh Bima Sakti.

"Kalau saya melihat secara keseluruhan, pemain belakang harus dipoles lagi dan tak boleh kehilangan konsentrasi. Karena beberapa kali tampak ada celah di sisi kanan pertahanan Timnas. Mereka juga kerap terpaku pada bola, sehingga beberapa kali mereka tidak melihat pemain lawan yang masuk dari sisi yang tak terlihat," katanya. 

Hanya saja Mursyid yakin penampilan Timnas Indonesia U-15 akan lebih baik di laga-laga selanjutnya. "Di pertandingan perdana selalu ada ketegangan lebih. Tapi setelah mereka menang di pertandingan ini, beban itu akan sedikit lebih ringan. Coach Bima pasti juga sudah tahu apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki kekurangan timnya," ujar Mursyid. 

Penulis : Rizal A


Bagikan artikel ini