Alat Pencam yang ada di RSMU. (Foto: Pita/ngopibareng.id)

Ini Keunggulan Pemeriksaan dengan Pentacam di RSMU

RS Mata Undaan 06 December 2019 15:13 WIB
RS Mata Undaan

Rumah Sakit Mata Undaan (RSMU) Surabaya terus melengkapi alat-alat pemeriksaan yang dimiliki. Terbaru, RSMU mempunyai alat yang bernama pentacam.

Dokter spesialis Lasik, Katarak dan Bedah Kornea dari RSMU, dr. Dini Dharmawidiarini,Sp.M (K) mengatakan, pentacam merupakan alat untuk melihat topografi atau peta kornea secara lebih detail.

"Alat ini juga dilengkapi dengan biometri untuk melihat lensa tanam yang akan dilakukan pada pasien katarak," kata Dini Dharmawidiarini ditemui di ruangannya, Jumat 6 Desember 2019.

Dokter yang akrab disapa Dini ini menjelaskan, alat ini merupakan gold standar di dunia, yang bisa memeriksa kornea secara lebih detail. Baik itu kornea bagian depan atau belakang, supaya bila ditemukan kelainan pada kornea bisa terdeteksi.

Adapun keunggulan dari alat pentacam, menurut Dini, pemeriksaan pasien yang akan melakukan lasik bisa mengetahui detail kondisi korneanya.

"Apabila ditemukan peningkatan kornea atau keratonos bisa terdeksi dengan alat ini. Peningkatan kornea biasanya sering terlewat dengan pemeriksaan alat lain, tapi dengan alat ini bisa terdeteksi," ujar Dini.

Alat Pentacam yang digunakan untuk pemeriksaan kornea Foto PitangopibarengidAlat Pentacam yang digunakan untuk pemeriksaan kornea. (Foto: Pita/ngopibareng.id)

Pentacam bisa juga digunakan untuk pemeriksaan pasien yang akan melakukan operasi katarak dan tanam lensa. Dengan alat ini yang bisa melihat lebih detail kornea mata. Bisa diketahui lensa apa yang cocok ditanam untuk kondisi mata pasien.

Hal ini, ujar Dini, akan mengurangi resiko tidak nyaman yang akan dialami pasien pasca operasi. Karena sebelum operasi sudah dipastikan lensa yang cocok untuk kondisi kornea mata pasien tersebut.

Selain itu, imbuh Dini, alat ini juga bisa digunakan untuk pemeriksaan glaukoma. Khususnya pemeriksaan bilik mata depan.

"Yang penting lagi keunggulan alat ini tidak hanya digunakan untuk pemeriksaan pra operasi. Tapi juga pasca operasi. Misalnya setelah operasi pasien atau dokter kurang nyaman dengan hasilnya. Alat ini bisa melihat kejanggalan tersebut untuk dilakukan tindakan yang lebih baik lagi," terangnya.

Alat pentacam milik RSMU ini merupakan satu-satunya di seluruh rumah sakit di Jawa Timur. Bila Anda ingin melakukan pemeriksaan dengan pentacam, silahkan datang langsung ke RSMU yang terletak di Jalan Undaan Kulon 17-19 Surabaya.

Penulis : Pita Sari

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

19 Jul 2020 14:55 WIB

Mengintip, Kecangihan Alat Pemeriksaan Mata di RSMU

RS Mata Undaan

Dijamin selalu ada solusi atas masalah mata yang dialami pasien

01 Jul 2020 15:58 WIB

Efek Buruk, Asap Rokok Picu Penyakit Katarak

RS Mata Undaan

Efek buruk asap rokok untuk kesehatan mata.

18 Jun 2020 22:32 WIB

Mata Minus Bisa Kembali Setelah Operasi Lasik, Ini Kata Dokter

RS Mata Undaan

Tidak benar bahwa setelah operasi Lasik mata minus muncul lagi.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...