Anak Terlambat Bicara, Kebiasaan Orangtua Penyebab Speech Delay

03 Sep 2019 15:05 Kesehatan

Speech delay atau keterlambatan bicara terjadi pada anak yang kurang mendapat stimulasi untuk berbicara. Speech delay pada anak yang menginjak usia 12 bulan atau lebih cenderung membuat orangtua panik.

Dokter spesialis anak dari Rumah Sakit Ibu dan Anak Kendangsari MERR (RSIA MERR), dr. Mira Irmawati,SpA (K) mengatakan, keterlambatan bicara pada anak karena anak kurang mendapatkan stimulasi bicara dari orangtua.

"Untuk keterlambatan bicara memang hanya karena faktor kurangnya stimulasi bicara yang dilakukan orangtua pada anak," ungkapnya.

Mira menambahkah, kurangnya stimulasi bicara ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang mungkin saja tidak diperhatikan orangtua.

"Contohnya memberikan tontonan televisi atau YouTube pada anak usia di bawah dua tahun. Ini tidak diperbolehkan, karena anak bisa kebingungan bahasa nantinya," jelasnya.

Lebih lanjut, Mira menerangkan, banyaknya bahasa yang didengar anak saat menonton televisi atau semacamnya akan membuat anak kebingungan.

"Akibatnya, stimulasi bicara yang diberikan orangtua tidak dapat ditangkap maksimal pada anak," sambung dia.

Jika dilihat dari perkembangan bicara anak, usia 1 hingga 6 bulan memang belum bisa bicara. Namun, anak akan merespon perkataan orangtua atau yang biasa disebut sebagai fase cooing.

Setelah lebih besar, anak biasanya sudah bisa menggumam meskipun belum terlalu jelas. Fase imitasi terjadi pada usia 10-11 bulan, di mana anak bisa mengucapkan papa, mama atau ayah, ibu.

Perkembangan anak berlanjut pada usia 12 bulan hingga 24 bulan. Jumlah kosakata bertambah mulai dari 10 kata dari usia 16 bulan. Kosakata lebih dari 50 akan diucapkan anak di usia 24 bulan. Pasa fase ini, anak-anak juga sudah mengerti perkataan dari orang lain.

Nah, agar fase ini dilewati anak dengan baik, Mira berpesan, saat mengasuh anak memang fokus pada anak tersebut. Sehingga anak tidak memerlukan benda lain untuk membuat si anak anteng atau tenang.

"Bahasa Jawa-nya kalau mengasuh anak jangan disambi. Fokus untuk menstimulasi anak tersebut dan berkomunikasi dengannya," tutur Mira.

Bila saat ini anak Anda sedang mengalami keterlambatan bicara. Sebaiknya segera menghubungi dokter tumbuh kembang anak untuk berkonsultasi dan mengoptimalkan pertumbuhan anak.

Penulis : Pita Sari
Editor : Moch. Amir


Bagikan artikel ini