Poster peringatan dari aktivis HAM untuk timnas Argentina untuk tidak bertanding melawan tim Israel. (foto: afp)

Ini Alasan Sebenarnya Mengapa Timnas Argentina Batalkan Pertandingan Lawan Israel

07 Jun 2018 12:03

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Tim nasional Argentina ingin segera melupakan kontroversi diplomatik yang dipicu oleh pembatalan rencana laga persahabatan melawan Israel di Yerusalem dan berfokus pada persiapan Piala Dunia, kata federasi sepak bola negara itu, Rabu 6 Juni kemarin.

“Argentina tujuh hari lagi  di Piala Dunia. Kami ingin fokus pada hal yang sangat penting dan yang ada di depan mata kami,” kata juru bicara federasi kepada AFP di Barcelona, tempat tim nasional berlatih menjelang dimulainya turnamen di Rusia pada 14 Juni.

Skuat Argentina berlatih pada Rabu pagi di Spanyol di tempat latihan FC Barcelona, beberapa jam setelah pertandingan persahabatan dibatalkan. Tidak ada pemain atau pun pejabat dari federasi sepak bola Argentina berbicara kepada media.

Laga persahabatan di Yerusalem, yang rencananya akan berlangsung pada Sabtu, ditentang keras warga Palestina, yang mengklaim bagian timur dari kota tersebut yang dianeksasi Israel sebagai ibu kota negara masa depan mereka.

Aktivis pro-Palestina menggelar demonstrasi pada Selasa di depan kompleks olahraga, tempat Lionel Messi dan seluruh skuat Argentina bersiap-siap. Beberapa orang melambaikan jersey tim nasional Argentina yang dilumuri dengan darah palsu.

Kelompok yang mengoordinasi demonstrasi, dan yang berencana untuk berdemonstrasi lagi di luar hotel di Barcelona tempat skuat Argentina menginap, mengatakan pembatalan pertandingan adalah “isyarat empati dengan rakyat Palestina.” (mr/nh/rr)