Ini Alasan Qatar dan Jepang Masuk Copa America 2019

12 Jun 2019 14:25 Dunia

Ada yang aneh dari Copa America 2019 kali ini. Pasalnya, ada dua tim nasional dari dua negara yangt berada dari luar zona Conmebol. Kedua timnas tersebut adalah Qatar dan Jepang. Mereka akan bergabung dengan 10 negara Amerika Selatan.

Keikutsertaan mereka ini disebabkan federasi sepakbola Amerika Selatan (Conmebol) hanya memiliki 10 anggota, tim tambahan diperlukan untuk membuat struktur turnamen bisa diterapkan jika minimal ada 12 tim yang bertanding.

Awalnya, enam tim tambahan, tiga dari Amerika Utara dan tiga dari Asia, masuk dalam rencana yang diundang. Total aka nada 16 tim yang bertanding, seperti halnya kompetisi 2016 di Amerika Serikat.

Tetapi pada Mei 2018, Conmebol memutuskan turnamen harus mengikuti struktur kompetisi lain sejak tahun 1993 yang hanya diikuti 12 tim. Maka itu, mereka memutuskan untuk mengundang dua tim dari Asia saja, Qatar dan Jepang.

Semula kedua tim diundang melalui jalur Piala  Asia. Namun hal itu dibantah oleh federasi sepak bola Amerika Selatan. “Tidak, mereka hanya kebetulan kami undang,” tuturnya.

Alasan dipilihnya Qatar di turnamen ini karena memiliki persiapan yang cukup bagus untuk Piala Dunia 2022. Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 juga butuh merasakan atmosfer kompetitif. Untuk itu, mereka akan tergabung di Grup B bersama Argentina, Kolumbia, dan Paraguay.  

Sementara Jepang akan menghuni Grup C  bersama Uruguay, Ekuador dan Chili. Jepang sendiri pernah tampil di turnamen ini pada 1999. Saat itu Jepang menempati juru kunci klasemen akhir babak penyisihan setelah mengumpulkan satu poin hasil dari bermain seri 1-1 dengan Bolivia.

 

Sementara Qatar belum pernah tampil di turnamen ini. Sedangkan pada 2015 lalu, Meksiko dan Jamaika adalah dua tim undangan yang bermain di Copa Amerika saat itu.

Reporter/Penulis : Rizal A


Bagikan artikel ini